Thursday 5 April 2012

Brokoli, Sawi dan Sayuran Hijau Lainnya Bisa Mengurangi Resiko Kanker Payudara

Sayuran yang berwarna hijau kaya akan vitamin dan serat.
 
 Menurut  hasil sebuah penelitian di Amerika Serikat, Sawi dan brokoli merupakan contoh jenis sayuran hijau yang baik untuk wanita karena dapat  menumpas sel kanker payudara.

Wanita di Cina yang telah sembuh dari kanker payudara, sistem kekebalan tubuhnya makin meningkat setelah makan secara rutin sayuran hijau seperti kol dan brokoli.

Penelitian yang dilakukan melibatkan 4.886 wanita Cina penderita kanker payudara, dimana mereka diminta makan sayuran hijau selama 36 bulan. 
Hasilnya, penyakit mereka semakin membaik, dan resiko kematian menurun hingga 62 persen.

Hasilnya, mereka yang didiagnosa akan meninggal dunia justru penyakitnya semakin membaik dan resiko kematian menurun hingga 62 persen. Sedangkan responden yang lebih sedikit makan sayur hanya menurunkan resikonya sebanyak 27 persen.

Sarah Nechuta, seorang  peneliti postdoctoral di Universitas Vanderbilt di Nashville, Tennessee mengatakan bahwa meningkatkan makanan sayuran hijau dapat membuat tubuh menjadi tetap sehat dan bisa mengurangi resiko kanker payudara.

Sarah mengatakan bahwa penelitian selanjutnya akan meneliti senyawa yang ada di dalam sayuran seperti isothuocyanate dan indoles. Senyawa tersebut diduga dapat memberikan efek pada penyakit kanker.

Survey menunjukkan bahwa brokoli dan bayam  lebih banyak dikonsumsi di Amerika Serikat dan Eropa lainnya. Kubis , lobak, dan bok choy merupakan sayuran hijau yang banyak dikonsumsi di negara China.

Survey menunjukkan bahwa konsumsi sayuran hijau pada wanita di China jauh lebih tinggi dibandingkan dengan wanita di negara Amerika Serikat.

Ayo rajin mengkonsumsi makanan sayuran hijau agar dapat mencegah resiko kanker payudara.

1 comment: