Sunday 3 June 2012

Apa itu Virus Komputer " Flame" ?


Saat ini, muncul virus komputer baru yang bikin heboh, bernama virus komputer " Flame" yang diberitakan sudah menyerang ratusan komputer di daerah Timur Tengah, khususnya di negara Iran.

Diperkirakan, virus baru yang pintar sekali tersebut dibikin oleh Israel yang bertujuan untuk mengacaukan program nuklir negara Iran.

Wakil Perdana Mentri Israel, Moshe Yaalon tidak mengakui tuduhan tersebut, tetapi juga tidak menyangkal tuduhan tersebut. 

Dalam interview yang dilakukan Radio Tentara Israel, Moshe mengatakan, "Israel sungguh diurapi dengan mampu menguasai teknologi yang canggih, dan kami sangat senag dengan teknologi yang membuka segala kemungkinan bagi Israel."

Virus Komputer Flame ditemukan pertama kali oleh tim Kasper Lab, yang merupakan suatu perusahaan keamanan komputer di Rusia.

Pada 29 Mei 2012, Tim Kasper Lab mengemukakan bahwa virus Flame tersebut mempunyai ukuran serta kemampuan yang tidak pernah dipunyai oleh virus - virus komputer lainnya.

Lalu apa keistimewaan yang membahayakan dari virus komputer Flame ini?

1.Dapat mengambil semua data yang disimpan di dalam komputer yang sudah diinfeksinya.

2. Dapat memonitor segala kegiatan para pemakai komputer yang telah diinfeksinya, dengan cara mengambil gambar pada layar komputer yang telah dibuka serta me-record tombol-tombol yang ditekan pada papan ketik ( keystrokes ).

3.Dapat mengaktifkan sistem audio komputer yang diinfeksinya, termasuk mikrofon, akibatnya dapat mencuri dengar segala obrolan si pemakai komputer yang sudah diinfeksinya.

4. Dapat dipakai untuk aktivitas memata-matai serta men-sabotase.

Virus Komputer Flame dapat digunakan sebagai alat spionase yang sangat berbahaya yang sangat berpeluang membuat rusak segala infrastruktur penting pada sebuah negara.

Virus komputer Flame dikabarkan sudah menginfeksi puluhan komputer di banyak negara seperti Iran, Israel, Palestina, Sudan, Lebanon, Arab saudi dan Mesir.

Kabar baiknya, saat ini telah dikembangkan dengan sukses suatu antivirus agar dapat melawan virus komputer Flame.

No comments:

Post a Comment