Friday 8 June 2012

Tips Menggunakan Memakai Mengemudi Mobil Mesin Matik


Mobil Matik mempunyai keunggulan bila lalu lintas sedang padat, anda cukup mengistirahatkan kaki kiri pengemudi di foot rest yang telah tersedia. 
 
Namun karena masih banyak yang belum familier dengan mobil mesin matik , berikut ini merupakan beberapa tips mengendarai mengemudi mobil bermesin matik, yaitu:

1.Lakukan perawatan secara teratur pada mobil mesin matik anda, terutama lakukan penggantian pelumas yang dibutuhkan yaitu Automatic Transmission Fluid ( ATF ) yang bisa membuat mobil matik dapat dijalankan secara nyaman serta optimal.

2. Saat anda berkendara ditengah lalu lintas yang macet, sebaiknya tetap mempertahankan tuas persneling pada posisi D, sambil mengontrol pedal rem.

3. Jangan memindahkan tuas sesering mungkin agar bisa menghindari kerusakan lebih awal terhadap komponen diawalnya.

4. Pakai posisi L ( Low ) atau angka 1 pada persneling saat anda berkendara di jalan yang menanjak atau mendaki jalanan yang sangat curam, supaya transmisi mengunci di gigi 1.

5. Geserlah tuas ke persneling D-3 atau Overdrive (O/D) OFF, saat kondisi jalanan menurun, supaya memberikan efek engine brake ketika melaju.

6. Ketika mobil matik yang anda kemudikan stop sesaat , contohnya ketika lampu lalu lintas berwarna merah menyala, sebaiknya pindahkan tuas ke posisi Netral ( N) sambil mengontrol dengan rem.

7. Ketika mobil yang anda kendarai sedang berjalan mormal dan posisi di D ( Drive ), sebaiknya jangan menginjak gas secara mendadak. Secara perlahan, injaklah gas, hal tersebut dimaksudkan untuk memberikan kesempatan transmisi berkerja secara wajar.Perpindahan gigi akan dilakukan otomatis mengikuti kinerja mesin.

8. Saat anda parkir,dilarang memposisikan tuas persneling di posisi P (park) sebelum mobil betul-betul stop dan dilarang membiarkan tuas persneling berada di posisi D ( drive ), ketika kendaraan matik anda telah anda parkirkan.

9. Di beberapa tempat, mobil terpaksa di parkir secara pararel akibat keterbatasan tempat. Umumnya, si pengendara mobil matik disuruh untuk memposisikan perseneling di posisi netral supaya mobil bisa dipindahkan. 
Sedapat mungkin, hindari tempat parkir seperti ini karena pada posisi P, mobil  tidak bisa dipindahkan. Di beberapa mobil matik, terdapat pilihan untuk menggeser tuas ke posisi N setelah mobil matik diparkir.

No comments:

Post a Comment