Thursday 7 June 2012

Tips Menjaga Kehamilan Saat Anda Bekerja di Kantor


Berikut ini beberapa tips untuk wanita hamil yang bekerja di kantor agar tetap aman dan nyaman saat bekerja:

1.Berbicaralah dengan pimpinan atau bagian personalia supaya menerima keringanan dalam bekerja atau dapat diperbantukan sementara di posisi yang lebih aman.

2.Wanita hamil dianjurkan meninjau kembali keadaan ruangan atau meja kerjanya. Wanita hamil sangat rentan terkena masalah jari pegal ( carpal tunnel syndrome ) serta mati rasa bila bekerja kelamaan di depan meja komputer. 
Disarankan mengatur posisi meja serta kursi supaya posisi bisa senyaman mungkin.

3. Jangan mengenakan sepatu yang berhak tinggi, karena sepatu berhak tinggi bisa menimbulkan peregangan otot-otot di sekitar pinggang  sehingga bisa menimbulkan rasa pegal di sekitar pinggang.

  Mengapa bisa terjadi demikian? karena terjadinya perubahan sumbu tubuh yang cenderung condong ke depan. Ibu hamil biasanya berusaha menegakkan tubuh dengan cara meregangkan otot pinggang serta punggung.

4. Saat bekerja merasa capek, jangan takut untuk meminta kepada atasan untuk istirahat sejenak. Segera koordinasikan dengan atasan serta rekan kerja.

5.Bila sedang istirahat, dianjurkan ibu hamil dapat berdiri serta meluruskan serta menggerak-gerakkan kaki secara perlahan.
 Jika pekerjaan ibu hamil lebih banyak menghabiskan waktu dengan berdiri, maka duduklah lalu angkat kedua kaki secara lurus dengan menggunakan kursi tambahan sebagai ganjalan.

6. Kurangi stress selama bekerja dengan melakukan latihan pernapasan yoga, peregangan, serta melakukan jalan-jalan pendek.

7. Jaga pola makan serta hindari kopi serta alkohol

8. Bila sudah mendekati waktunya untuk bersalin, maka ibu hamil berhak untuk mendapatkan hak cuti 3 bulan yang telah diatur di dalam undang- undang ketenagakerjaan.

No comments:

Post a Comment