Thursday 21 June 2012

Festival Danau Sentani Tahun 2012 Di Jayapura, Papua, Jumlah Pengunjung yang Cenderung Menurun


Festival Danau Sentani ke-5 yang diadakan dari tanggal 19 Juni 2012 lalu di Pantai Khalkote Danau Sentani, Jayapura, mengalami penurunan jumlah pengunjung bila dibandingkan dengan  Festival Danau Sentani ke-4 tahun 2011.

Mengapa Festival Danau Sentani ke-5 yang diadakan dari tanggal 19 Juni 2012  mengalami penurunan jumlah pengunjung ?

Hal ini terjadi tidak terlepas dari adanya penembakan di jayapura dan Abepura, serta adanya amuk sekawanan orang di Waena, serta timbulnya bentrokan sejumlah penduduk di Timika.

Memburuknya keadaan keamanan di Papua, menyebabkan para pengunjung lebih menyukai datang ke Festival Danau Sentani pada siang harri, bukan malam hari. 

Parahnya lagi, beberapa wisatawan asal negara Belanda sempat dikawal oleh beberapa polisi dengan menggunakan kendaraan taktis barakuda meluncur ke lokasi Festival Danau Sentani. Tak luput rombongan kementrian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif juga dikawal oleh beberapa polisi ketika meluncur ke tempat festival tersebut.

Sebenarnya, Festival Danau Sentani diisi dengan beberapa acara yang menarik, seperti tur Danau Sentani, tarian tradisional, lomba dayung tradisional serta lomba lainnya.

Tercatat, sampai dengan hari ke-2 penyelenggaraan Festival Danau Sentani ke -5, baru 2.500 pengunjung dengan 100 orang diantaranya wisatawan asing yang datang berkunjung. Sangat berbeda sekali dimana pada tahun 2011, tercatat jumlah total pengunjung sebanyak 52.000 pengunjung dengan 663 orang diantaranya merupakan wisatawan asing.

Adapun Festival Danau Sentani 2012 akan diadakan sampai dengan tanggal 23 Juni 2012 mendatang.

No comments:

Post a Comment