Saturday 9 June 2012

Tips Membeli Gitar Akustik


Ada beberapa pertimbangan dan tips bagi anda yang hendak membeli gitar akustik , yaitu:

1. Cari tahu jenis gitar akustik serta varian harga melalui majalah musik, teman, internet sehingga pilihan gitar akustik menjadi lebih spesifik.

2. Ketika di toko musik saat membeli gitar akustik, maka cek secara teliti dari ujung badan gitar sampai ke leher ( neck ) gitar akustik serta yakinkan bahwa 2  part gitar akustik ini betul-betul lurus. 

Kenapa harus betul -betul lurus? karena bodi dan leher gitar akustik yang tidak lurus akan menjadikan suara dentingan gitar yang keluar akan sumbang.

3. Test gitar akustik dengan cara membunyikan setiap senar pada gitar akustik dengan cara menekan fret dari ujung leher ( neck ) sampai dengan ke ujung badan ( body ) gitar akustik.

Cobalah anda mendengarkan dengan cermat apakah bunyi yang dihasilkan masing- masing senar tersebut betul-betul "bulat".

Cara ini akan membutuhkan waktu yang tidak sebentar, namun dianjurkan untuk dijalankan agar anda puas tidak salah memilih gitar akustik.

4. Cek putaran senar yang terdapat di bagian head ( kepala ) gitar akustik.
 Cobalah memutarkan putaran senar tersebut, jika dirasa anda berat sekali atau malah terasa ringan sekali, dianjurkan untuk tidak memilih gitar akustik tersebut, sebab bagian putaran senar di head ini mempunyai fungsi yang penting sekali untuk menahan " tarikan" gitar akustik.

5. Cek dengan cermat tiap bagian dari gitar akustik, apakah terdapat kerusakan atau tidak ada kerusakan, bila ada kerusakan maka jangan memilih gitar akustik tersebut untuk anda beli.

6. Bila anda mau menyambungkan gitar akustik tersebut ke perangkat audio, maka cek dulu kualitas pick - up atau spul.

No comments:

Post a Comment