Thursday 21 June 2012

Apa Manfaat Kegunaan Western Union bagi TKI Diluar Negeri Serta langkah- langkah Mengirim uang dan Menerima Uang via Western Union


Manfaat kegunaan Western Union bagi masyarakat sangat besar, namun banyak yang belum mengetahuinya. Bahkan ada pula yang bertanya - tanya apa itu Western Union sebenarnya.

Apa itu sebenarnya Western Union?

Western Union merupakan suatu bisnis jasa pengiriman uang yang telah memiliki pengalaman lebih dari 160 tahun, dimana misi Western Union tidak hanya mentansfer uang semata, namun juga ingin membantu orang-orang di seluruh dunia supaya tetap bisa terhubung dengan keluarga atau dengan orang yang terkasih. 

Sampai dengan saat ini, tercatat lebih dari 19.000 gerai Western Union ada di Indonesia. Bahkan , tercatat lebih dari 495.000 gerai Western Union telah hadir di 200 negara di seluruh dunia.

Lalu apa manfaat kegunaan Westen Union, terutama Bagi TKi Indonesia yang bekerja diluar negeri?

1. Ribuan TKI Indonesia bisa mengirim uang melalui jasa pengiriman uang Western Union yang ada dilokasi strategis seperti di mall, dimana si penerima uang di daerah asal TKI tersebut seperti Lamongan, Indonesia, bisa menerima uang kiriman anaknya dalam hitungan menit ( dengan tetap memperhitungkan waktu operasional gerai, ketersediaan dana, perbedaan zona waktu serta ketentuan lainnya ).

 Hebatnya si penerima uang di Indonesia , misal ayah si TKI, tidak perlu memiliki rekening tabungan bank, untuk menerima uang hasil transferan kiriman anaknya yang bekerja sebagai TKI di luar negeri.

Lho kok bisa? 

Bagaimana cara mentransfer uang dan menerima uang hasil kiriman transfer , dengan menggunakan jasa Western Union ,sehingga si penerima uang yang tidak punya rekening tabungan bank, bisa menerima uang hasil transferan dalam hitungan menit?

1. Mengirim uang melalui Westen Union tidak memerlukan rekening. Anda cukup mendatangi gerai Western Union terdekat yang memasang logo kuning Western Union sambil bawa KTP asli serta fotokopiannya.
2. Isi formulir , lalu petugas kasir akan memberikan kode rahasia seperti PIN serta bukti pengiriman.

3. Langkah selanjutnya, anda cukup menelepon orang yang akan menerimanya serta memberitahu kode PIN nya.

4. Orang si penerima lalu mendatangi ke gerai Western Union terdekat, lalu isi formulir penerimaan uang.

5. Formulir penerimaan uang yang telah diisi selanjutnya dikasih ke kasir sambil memperlihatkan KTP asli serta PIN dari si pengirim.

6. Uang kiriman pun cair dengan cepat, disertai dengan bukti penerimaan uang.

Hal - hal yang perlu diperhatikan dalam mengirim dan menerima uang dengan menggunakan jasa Western Union, adalah:

1. Biaya jasa pengiriman lewat western Union hanya dikenakan pada si pengirim. Kasir akan menghitung besar biaya pengiriman serta kurs mata uang negara tujuan. Dengan demikian, jumlah uang yang diterima sesuai dengan keingina si pengirim dan dalam bentuk mata uang lokal.

2. Besaran jumlah uang yang bisa dikirim tergantung kebijakan negara serta gerai atau agen Western Union di lokasi tersebut. Semuanya demi alasan keamanan.

3. Waktu yang dibutuhkan untuk mengirim uang hanya dalam hitungan menit, namun dengan tetap mempertimbangkan waktu operasional gerai, ketersediaan dana serta perbedaan zona waktu.

No comments:

Post a Comment