Friday 15 June 2012

Tips Untuk Merawat Kain Batik dan Pakaian Batik Anda


Ada beberapa tips sederhana dalam merawat kain batik atau pakaian batik anda, yaitu:

1.Apabila kain batik atau pakaian batik anda merupakan batik tulis yang menggunakan proses lilin alias kain batik asli , bukan merupakan batik printing, ada baiknya dalam mencuci kain batik tersebut dengan cara mengucek dengan menggunakan tangan saja, tidak boleh mencucinya dengan menggunakan mesin cuci,karena dari segi ketahanan warna, batik tulis tidak terlalu tahan lama.

2.Jangan gunakan deterjen untuk mencuci kain batik atau pakaian batik anda, namun gunakanlah bahan pencuci khusus untu batik yaitu lerak. 
Namun, apabila terpaksa menggunakan sabun deterjen, gunakanlah sesedikit mungkin agar kain batik anda menjadi awet.

3. Pakaian batik yang telah dicuci dengan cara diucek dengan menggunakan tangan anda, sebaiknya cepat dijemur dengan cara digantung.

4. Jemurlah pakaian batik atau baju batik anda di tempat yang teduh dengan cara diangin-anginkan , dilarang menjemur pakaian batik tersebut dibawah sinar surya langsung, apalagi saat sang surya sedang terik-teriknya karena bisa membuat kain batik anda cepat kusam dan belel.

5. Lapisi pakaian batik anda,misalnya pada bagian kerah pakaian batik,  saat anda hendak menyetrikanya. 

Dikarenakan bisa membuat pakaian batik atau kain batik anda menjadi gampang rapuh, maka saat mensetrika, kain batik anda jangan langsung terkena setrika panas, pakailah steam iron untuk menghaluskannya.

6. Pergilah ke tempat Dry Clean untuk mencuci pakaian batik atau kain batik anda, jika terbuat dari bahan sutera, agar kain menjadi awet.

No comments:

Post a Comment