Sunday 10 June 2012

Olahraga yang Boleh Dilakukan Oleh Wanita Hamil serta Manfaat Olahraga Bagi Ibu Hamil


Berikut ini merupakan olahraga yang baik, aman dilakukan oleh wanita hamil yaitu:

1. Jalan Kaki

Jalan kaki adalah olahraga yang sangat banyak dianjurkan oleh dokter untuk wanita hamil atau ibu hamil, yang kondisi kehamilannya mormal dan sehat. Karena, jalan kai merupakan olahraga termurah, aman serta bisa dilakukan kapan serta dimana saja.

Dengan berjalan kaki, maka peredaran darah khususnya aliran darah dari pembuluh darah balik ( vena ) di kaki akan menkadi lebih lancar.

Anda bisa berjalan kaki tanpa alas kaki ( contohnya di atas rumput yang rata ), atau memakai sepatu olahraga yang nyaman. Yang penting adalah memakai baju olahraga yang nyaman , tidak terlalu ketat serta dari bahan yang menyerap keringat.

2. Renang.

Bagi ibu hamil atau wanita hamil yang sehat, renang bisa dilakukan sejak kehamilan trisemester pertama sampai dengan ketiga. 
Karena, selama berenang, berat tubuh akan tertopang sebagian oleh air, sehingga gerakan Ibu hamil bisa jadi lebih ringan bila dibandingkan dengan gerakan di darat.

Berenanglah dengan santai, jangan membuat gerakan yang menyentak. Pilihlah pakaian renang yang nyaman, misalnya jangan terlalu ketat sehingga dapat menekan perut.

Adapun manfaat berolahraga bagi wanita hamil atau ibu hamil adalah sebagai berikut:

1. Bisa mengurangi resiko gangguan atau keluhan yang biasa dialami ibu hamil. Misalnya, sakit punggung, sembelit, varises, mual serta lesu, kram di kaki, insomnia ( sulit tidur ) serta sakit di ulu hati.

2. Mengurangi resiko lamanya proses persalinan.

3. Mencegah terjadinya diabetes gestasional ( diabetes yang timbul pada saat kehamilan saja ).

4. Mengurangi kemungkinan meningkatnya tekanan darah tinggi.

No comments:

Post a Comment