Saturday 9 June 2012

Berwisata Berlibur Mengunjungi Pulau Batam, Indonesia: Kunjungi Jembatan Barelang dan Kenali Asal Usul Jembatan Barelang


Bila anda hendak berwisata mengunjungi melancong atau berpelesir ke Pulau Batam, maka tempat berikut ini merupakan tempat yang sebaiknya anda kunjungi:

- Barelang , yang merupakan singkatan kata dari " Batam-Rempang-Galang". Dahulu, 3 buah pulau tersebut adalah bagian dari provinsi Riau, namun karena terjadi pemekaran, maka 3 pulau ini masuk ke Provinsi Kepulauan Riau.

Pulau Galang dahulunya merupakan pulau tempat orang Vietnam melakukan pengungsian dari negara asalnya sana, dan sekarang menjadi nilai jual bagi pulau Batam sebagai tempat obyek wisata.

Nama asli Jembatan Barelang memiliki nama aslinya yaitu Jembatan Tengku Fisabilillah, nama yang diambil dari seorang raja yang pernah memimpin kerajaan Melayu Riau di abad 15 sampai dengan abad ke 18.

Nama lain jembatan Barelang adalah Jembatan Habibie yang merupakan nama dari mantan presiden RI yang merupakan tokoh pencetus ide pembuatan jembatan Barelang ini.

Jembatan Barelang memiliki panjang 642 meter. Jembatan Balerang ini dibuat di tahun 1992, dan menjadi jembatan yang indah serta sangat kuat.

Jembatan Balerang adalah sebuah jembatan gantung yang diatasnya membentang kabel- kabel baja. Kabel tersebut terikat di pinggir jalan yang semua ujung kabel tersebut terkumpul di satu titik di atas tonggak.

No comments:

Post a Comment