Tuesday 12 June 2012

Jenis- Jenis / Macam - Macam Model Kebaya di Indonesia


Berikut ini merupakan jenis - jenis atau macam - macam model kebaya di Indonesia, yaitu:

1. Model kebaya yaitu baju panjang dengan bagian lengan yang lazimnya dijadikan busana untuk acara yang bersifat resmi ataupun formal. Model kebaya ini mengikuti lekuk tubuh yang dapat menampilkan sisi feminim serta keanggunan pada wanita Indonesia.

2. Kebaya Bali

Kebaya Bali tidak berbeda jauh dengan kebaya Jawa, yang membedakan adalah kebaya Bali mempunyai aksen tmbahan seperti selendang yang diikatkan pada pinggang wanita, sehingga wanita yang menggunakan kebaya Bali ini menjadi terlihat memiliki tubuh yang langsing.

3. Kebaya Kartini.

Kebaya Kartini ini umumnya dipakai oleh wanita Indonesia yang tergolong keturunan bangsawan atau ningrat seperti wanita dari Keraton atau Istana.

Model kebaya Kartini ini menjadi terkenal pada zaman RA Kartini masih hidup.

Kebaya Kartini memiliki model cukup panjang serta menutupi panggul. Kebaya Kartini ini mempunyai lipatan kerah yang membentuk suatu garis yang vertikal , akibatnya membuat si pemakai kebaya Kartini terlihat memiliki tubuh yang lebih tinggi nan ramping.

4. Kebaya Encim

Kebaya Encim  adalah jenis model kebaya yang berasal dari perpaduan model pakaian Shanghai Cina dengan model kebaya pribumi. Model kebaya ini memiliki ciri khas yaitu model kerah V pada bagian leher , serta dihiasi dengan bordir di bagian kerah sampai dengan bagian bawah kebaya.

5. Kebaya Kutubaru

Model kebaya ini merupakan jenis kebaya yang ada tambahan kain sebagai penghubung sisi kiri serta sisi kanan kebaya pada bagian dada serta perut.
 Dalam pemakaiannya ditambahkan stagen ( yaitu kain yang dililitkan di bagian perut wanita ), supaya wanita yang memakai kebaya jenis ini terlihat langsing.

Apapun bahan  kebaya ada bermacam - macam yaitu:

1. Kain Brokat
2.Organdi
3.Koal
4. Berbahan sutra
5.Berbahan tile
6. Bahan Chiffon
7. Bahan dari kain tenun tradisional seperti kain Songket Palembang, Kain Ulos dari Sumatera Utara.

No comments:

Post a Comment