Thursday 7 June 2012

Tips Agar Aman Menggunakan Kartu ATM BCA Supaya Tidak Dibobol Penjahat


Berikut ini merupakan beberapa tips agar anda aman menggunakan kartu magnetik seperti kartu ATM BCA saat berada di mesin Anjungan Tunai Mandiri (ATM ) sehingga rekening anda tidak dibobol pencuri:

1.Bila mulut mesin ATM telah rusak, maka anda perlu hati-hati. Anda perlu menyembunyikan gerakan jari anda saat menekan nomor Personal Identification Number (PIN).

2.Para pelaku pembobol kartu ATM sungguh memerlukan data serta nomor PIN ATM anda, dengan cara mendapatkannya dengan cara melihatnya melalui kamera tersembunyi ataupun dengan penglihatan manual serta untuk data ATM didapat melalui bantuan skimmer. 
 
Dengan mendapatkan PIN serta data ATM, maka transaksi yang dilakukan pembobol kartu ATM menjadi terkesan sah. 
Maka dari itu anda harus waspada, usahakan rutin mengganti PIN anda.

3. Pemilik kartu plastik ATM hendaknya waspada saat melihat ada yang ganjil pada mesin ATM, seperti adanya goresan, bercak, selotip, bekas lem dan hal-hal yang mencurigakan lainnya.

4. Lapor kepada petugas  polisi apabila anda menemukan hal yang aneh tersebut dan tundalah untuk mengambil uang atau bertransaksi di mesin ATM tersebut.

5. Ketika memakai kartu plastik ATM saat berbelanja, perhatikan petugas yang memegang kartu plastik ATM anda.
 
Kartu plastik ATM anda akan digesekkan ke mesin resmi dan mesin kasir. Anda berhak curiga bila petugas yang menggesek kartu plastik ATM anda digesek di alat gesek yang lain, terutama bila alat tersebut ditaruh di balik meja atau tempat yang tersembunyi lainnya.

No comments:

Post a Comment