Friday 8 June 2012

Tips Merawat Lemari Es / Kulkas, Agar Tetap Dingin


Berikut ini merupakan beberapa tips agar lemari es atau kulkas anda tetap dingin dan awet, yaitu:

1. Jangan menimpan barang terlalu banyak   di dalam lemari es, karena semakin banyak anda menaruh di dalam lemari es, maka kompresor  akan bekerja lebih keras untuk mendinginkan isi lemari es.Hal ini malah akan membuat umur kompresor lemari es anda menjadi pendek serta cepat rusak.

2. Gunakan stop kontak tunggal ke lemari es anda, tujuannya adalah mampu menghindarkan alat listik lain atau lampu rumah anda dari beban yang bisa membuat listrik bisa turun.

3. Jangan sering membiarkan pintu lemari es dibuka dalam waktu yang cukup lama, karena bisa membuat kompresor bekerja lebih keras yang berakibat pad konsumsi listrik menjadi meningkat.

4.Tidak boleh menyimpan makanan yang gampang busuk di evaporator atau tempat membuat es. Dilarang memasukkan makanan yang masih panas ke dalam lemari es anda, sebab bisa menyerap listrik sangat banyak.

5. Sebaiknya makanan yang mempunyai bau yang sangat tajam, agar  dibungkus secara rapat supaya udara di dalam kulkas tetap segar serta tidak mencemari bahan makanan yang lainnya.

6. Dilarang menaruh botol kaca yang diisi dengan air di evaporator, karena botol kaca bisa pecah dan serpihannya dapat membuat goresan di bagian dalam lemari es anda.

7. Lakukan kontrol serta pembersihan secara rutin minimal 3 bulan sekali, agar dapat mencegah munculnya bau. Pertama, lepaskan dulu sakelar listrik dan keluarkan semua makanan yang ada di dalam lemari es anda saat anda hendak membersihkannya. 

Dilarang membersihkan permukaan dengan memakai keset, sikat atau pembersih kasar dengan menggunakan larutan alkali.

8. Untuk merawat bagian luar lemari es serta gasket pintu magnetis, gunakanlah larutan busa sabun dengan memakai air yang masih hangat. Segera lap , lalu keringkan.

9. Dilarang memakai benda yang tajam atau berbahan logam untuk membersihkan evaporator dari bunga es karena bisa merusak evaporator anda sendiri.

 Cabut sakelar listrik pada lemari es anda, buka evaporator anda lalu diamkan sampai bunga es mencair, bila perlu gunakan bantuan kipas angin agar es cepat mencair, lakukan pembersihan bunga es pada evaporator anda secara rutin agar bunga es tidak menumpuk.
 

No comments:

Post a Comment