Sunday 10 June 2012

Liem Sioe Liong atau Sudono Salim Meninggal Dunia Tanggal 10 Juni 2012


Liem Sioe Liong atau Sudono Salim meninggal dunia di usia 96 tahun pada tanggal 10 Juni 2012, di negara Singapura.

Sudono Salim dikenal karena bisnisnya yang sangat dikenal masyarakat dengan Grup Salim-nya. Ia disebut memiliki perusahaan terkenal seperti Indofood, Indocement, Indomobil, BCA, Indomaret serta stasiun televisi Indomaret.

Ia pernah dinobatkan sebagai orang terkaya di Indonesia, serta pernah disebut menjadi orang terkaya nomor 6 di dunia pada tahun 1991.

Liem Sioe Liong atau Sudono Salim lahir di negara Cina bagian Selatan, atau tepatnya di Fuqing, Fujian pada tanggal 16 Juli tahun 1916.

Sudono Salim merantau ke Medan, Sumatera Utara di tahun 1936 untuk memulai bisnis bersama saudaranya Liem Sioe Hie dan saudara iparnya Zheng Xusheng.

Sudono Salim mengawali usahanya sebagai penyalur cengkeh , juga menjalin relasi yang baik dengan Tentara Nasional Indonesia kala itu untuk membantu mendistribusikan obat untuk keperluan perang pada tahun 1945. 

Saat itulah, ia dekat dengan Soeharto yang kala itu masih menjadi tentara biasa. Usahanya kian menjadi pesat saat Soeharto dilantik menjadi Presiden Republik Indonesia dan Orde Baru berkuasa selama 32 tahun.

Di tahun 1968, Om Liem diberi hak penuh untuk memonopoli impor produk cengkeh.

Di tahun 1990, ia membuat sebuah perusahaan yang kemudian hari sangat besar di Indonesia karena mie instannya, yaitu Indofood. Siapa yang tak kenal  dengan Indomie, Sarimie, Supermie.

Tak puas di bidang makanan, Sudono Salim juga memperluas usahanya dengan mendirikan bank swasta Bank Central Asia (BCA). Di tahun 1992, Sudono Salim akhirnya memberikan kuasa penuh kepada anaknya Anthony serta Harlim Exstrada untuk memimpin grup Salim.

No comments:

Post a Comment