Tuesday 12 June 2012

Tips Menjaga Mata Menjadi Sehat: Hindari Kebiasaan Yang bisa Merusak Mata Menjadi Sehat


Berikut ini merupakan beberapa tips untuk menjaga mata tetap sehat yaitu dengan menghindari beberapa kebiasaan yang dapat merusak mata anda, yaitu:

1. Pandai-pandailah mengatur waktu saat anda sedang bekerja atau bermain di depan komputer.
Berkerja atau bermain di depan komputer, dapat membuat mata menjadi sangat lelah. Untuk itu segera istirahatkan mata anda sampai kira-kira sepuluh menit dengan melihat ke tempat yang lain.

Agar mata anda tidak menjadi kering saat menatap terlalu lama di depan layar komputer, maka sering-seringlah mengedipkan mata anda.

2. Jaga jarak mata anda  dengan layar monitor komputer anda , kira - kira sejauh 30-40 cm dengan posisi bagian atas layar sesuai dengan ketinggian bola mata atau sedikit di bawah batas mata.

3. Monitor layar komputer yang anda pakai bisa diatur kemiringannya supaya gampang menyesuaikan dengan posisi mata.

4. Gunakan layar monitor LCD daripada layar monitor CRT karena memiliki radiasi yang lebih kecil. Pakailah screen protector di layar monitor komputer anda agar bisa mengurangi pancaran sinar radiasinya yang bisa merusak mata anda.

5. Jaga mata anda dari debu serta polusi, terutama saat anda berada di kota besar yang berpolusi.

6. Pakailah helm yang berkaca atau kenakan kacamata saat anda memakai sepeda motor di jalan raya, untuk menghindari mata terkena debu serta polusi , agar mata tidak terkena infeksi atau penyakit mata seperti katarak.

7. Ubahlah kebiasaan yang tidak baik saat anda membaca buku, jangan membaca dengan posisi sembarangan, misal dengan posisi dimana penerangan kurang, membaca sambil tiduran, yang akibatnya mata menjadi bekerja sangat keras , akibatnya mata bisa menjadi minus.

8.Jaga jarak pandang mata dengan buku sekitar 30 cm, karena apabila terlalu dekat maka mata akan menjadi tegang serta akan mengakibatkan rabun mata jauh dalam jangka waktu panjang.

No comments:

Post a Comment