Sunday 9 September 2012

Susu PT Greenfields, Perusahaan Peternakan Sapi Perah dan Pengolahan Susu Terbesar Di Asia Tenggara




Rupanya banyak orang tidak mengetahui kalau di Indonesia , memiliki peternakan sapi serta tempat pengolahan susu paling besar se Asia Tenggara. yaitu Perusahaan PT Greenfields.

Adapun fakta yang perlu anda ketahui tentang PT Greenfields, yaitu:

1. PT Greenfields memproduksi 20 juta liter susu murni per tahun.

2. Terdapat separuh dari produksinya di ekspor ke beberapa negara seperti Singapura, Malaysia, Hongkong, Taiwan, Myanmar serta Filipina.

3. PT Greenfields berada di lereng Gunung Kawi, Kabupaten Malang, Jawa Timur, yaitu di desa Babadan, , Kecamatan Ngajum, Kabupaten Malang.

4. Terdapat 6.000 ekor sapi perah jenis Friesian Holstein di PT Greenfields.

5.Rata-rata sejak sapi diperah hingga menjadi susu yang telah dikemas, itu membutuhkan waktu 24 jam.
6.  Agar bisa menjamin kualitas, PT Greenfields mengimpor pakan (grains) seperti rumput alfalfa dengan kualitas prima dari negara Australia.

7.  Sapi perah jenis Friesian Holstein juga dikasih pakan yaitu Rumput Raja (King Grass ) dan jagung yang tumbuh di peternakan warga setempat.

8. Sapi yang ada di  peternakan PT Greenfields , semuanya adalah berjenis kelamin betina, dan dikawinkan dengan metode kawin suntik.

9. Tidak ada sapi jantan di peternakan PT Greenfields , sebab bisa menularkan penyakit kelamin ke sapi betina.

10. Sapi betina diletakkan di ruangan yang sejuk, supaya sapi tersebut mau makan yang banyak. Kalau sapi betina tersebut di taruh di ruangan yang bersuhu panas, maka sapi tersebut  akan makan sedikit serta banyak minum air, akibatnya produksi susu menjadi berkurang.

11.Pemerahan susu di peternakan PT Greenfields , dilakukan menggunakan mesin yang terkomputerisasi , akibtanya tidak ada sedikit pun kontak dengan manusia.

12. Adapun produk utama dari perusahaan peternakan susu sapi PT Greenfields adalah:

- Susu Pasteurisasi ( dipanaskan 72 derajat celsius ) yang dapat tahan selama 40 hari.

- Susu UHT ( Ultra-High Termperature ), dimana susu dipanaskan pada suhu 140 derajat Celsius, yang dapat tahan selama setahun.

- Keju Mozarella yang bisa tahan 6 bulan.

-Produk yang terbuat dari sisa pemisahan susu dan gajih (whey).

No comments:

Post a Comment