Monday 10 September 2012

Apa itu Nasi Jamblang dan Asal Usul Nasi Jamblang, Makanan Khas Cirebon



Berikut ini merupakan asal usul nasi Jamblang, yang merupakan makanan khas kota Cirebon, yaitu:

1. Nama nasi Jamblang di ambil dari nama daerah Jamblang, yang merupakan daerah asal pedagang makanan yang membawanya pertama kali serta memperkenalkan pada warga Cirebon. 

2. Dipercaya, makanan nasi Jamblang ini berasal pada zaman kolonialisme Belanda zaman dahulu, saat diadakannya pembangunan jalan raya Dendels dari Anyer ke Panarukan. Saat itu banyak orang yang bekerja secara paksa untuk menyelesaikan proyek tersebut.

3. Konon, sebagai bekal makanan pada masa itu, supaya tetap awet dan tetap terasa pulen, maka nasi di bungkus dengan menggunakan daun jati.

4. Setiap porsi nasi dibuat dengan sengaja dengan ukuran yang kecil. Jangan heran kalau anda hendak makan nasi Jamblang, anda akan ditanya, "Nasinya mau berapa?" 
Tergantung selera anda, untuk kaum hawa biasanya memesan 2-3 nasi, sedangkan pria biasanya 3-4 porsi nasi Jamblang.

5. Terdapat lebih dari 20 jenis lauk yang dapat anda pilih, yang seluruh lauk tersebut ditata secara Prasmanan di atas meja kayu si penjualnya. Pembeli tinggal memilih serta mengambil sendiri lauk yang ia kehendaki.

6. Adapun lauk yang populer dan biasanya ada di penjual nasi Jamblang, adalah:

-Sambal goreng dengan rasa sedikit manis
- Tahu sayur
-Paru-paru
-Ati ampela goreng
-Daging
-Perkedel
-Sate kentang
-Telur dadar dan telur ceplok
-Ikan asin
-Tahu dan tempe

7. Nasi Jamblang dapat dengan mudah anda jumpai, sampai dengan dini hari, dengan harga yang murah. Nasi Jamblang Pelabuhan di daerah Pelabuhan Cirebon, Nasi Jamblang Ibad Otoy di jalan Cipto, atau Nasi Jamblang Mang Dul di jalan Cipto, dapat menjadi alternatif anda untuk mencicipi kuliner khas Cirebon ini.

No comments:

Post a Comment