Saturday 15 September 2012

Mengapa Anak Kecil Bisa Terkena Rabun Jauh dan Tips Memilih Kacamata Untuk Anak Kecil




Mengapa Anak kecil pada zaman sekarang sudah terkena rabun jauh?

1. Salah satu penyebab anak kecil bisa terkena penyakit mata rabun jauh, yaitu sang anak mempunyai sikap kebiasaan membaca yang tidak benar.

2. Anak-anak mempunyai kebiasaan membaca sambil tiduran, dalam ruangan atau kamar yang minim pencahayaan , dan dengan jarak membaca yang dekat. 

Hal ini sangat berlawanan dengan cara membaca yang sehat, yaitu membutuhkan pencahayaan sekitar 60 watt serta jarak baca yaitu 30-33 cm dengan posisi duduk tegak serta obyek yang statis.

3. Untuk mengatasi penyakit mata rabun jauh pada anak kecil, yaitu dengan menggunakan kacamata untuk menunjang penglihatannya.

4. Ajarkan anak kecil anda mengenai cara membaca yang sehat serta minimalkan penglihatan terpapar radiasi monitor komputer serta televisi.

Berikut ini tips memilih kacamata untuk anak kecil, agar sang anak nyaman dan aman mengenakannya, yaitu:

1. Pemilihan bingkai kacamata dianjurkan disesuaikan dengan kegiatan sang anak sehari-hari maupun karakter kepribadian anak itu sendiri.

Contohnya, anda dapat memilih bingkai kacamata dengan warna favorit si kecil.

2. Bila anda memilih bingkai kacamata berwarna hitam untuk si kecil, pilihlah kacamata yang juga beraplikasi warna cerah atau kontras supaya tidak menimbulkan kesan "dewasa".

3. Bingkai kacamata untuk anak pada lazimnya mempunyai konstruksi yang kokoh namun ringan.

4. Anak kecil yang aktif, dianjurkan menghindari bingkai kacamata berjenis rimless, sebab bingkai kacamata jenis ini cenderung ringkih.
 5.  Kita bisa memilih tangkai bingkai kacamata model roding bow atau comfort cable sehingga kacamata tidak akan gampang jatuh saat dipakai.

6. Penambahan tali pada tangkai kacamata biasa pun bisa dijadikan alternatif supaya kacamata dapat dikalungkan oleh si kecil.

7. Dalam memilih material bingkai kacamata bagi si kecil, hendaknya memperhatikan apakah si kecil mempunyai kulit yang sensitif serta alergi terhadap bahan metal. 

Material bingkai kacamata untuk si kecil disarankan terbuat dari bahan hypoallergenic.

8. Pilihlah lensa kacamata untuk si kecil yang ringan, tidak gampang tergores, seperti bahan polycarbonate.

No comments:

Post a Comment