Saturday 8 September 2012

Apa itu Cheese Fondue dan Sejarah Asal Usul Cheese Fondue



Apa itu Cheese Fondue ?

Cheese Fondue atau Fondue Keju merupakan cara menyantap makanan dengan cara mencelupkannya ke dalam panci khusus yang telah berisi lelehan keju. 

Berikut hal-hal yang anda perlu ketahui mengenai Cheese Fondue , yaitu:

1. Asal usul Cheese Fondue , dimana Cheese Fondue  ditemukan pada abad ke 18 Masehi, di wilayah Neuchatel, Swiss. 

Saat itu, warga di daerah Neuchatel sedang mengalami kesulitan dalam mencari makanan yang fresh. Lalu, warga pun menyantap roti serta keju yang telah mereka buat saat musim panas.

 Tetapi, roti serta keju nya menjadi keras. Supaya roti serta keju dapat enak ketika dimakan, maka warga kemudian memanaskan keju yang mengeras tersebut sampai dengan meleleh serta kemudian mencelupkan roti ke dalamnya.

 Karena peralatan makanannya terbatas, maka mereka kemudian memakai 1 panci untuk beramai-ramai.

2. Untuk membuat fondue, maka keju yang dipakai adalah keju yang memiliki lemak yang tinggi , yang dilelehkan dengan tambahan susu atau minuman lainnya. Misal campuran keju Gruyere serta keju Emmental.

3. Tiap negara di Eropa mempunyai jenis keju yang berbeda untuk fondue - nya. Contohnya Perancis, negara yang terkenal mempunyai Fondue Savoyarde dari wilayah Savoie dengan campuran keju Comte, Beaufort serta Emmental. Sedangkan di Italia, menggunakan keju Fontina serta kuning telur.

4. Ada aturan main dalam menyantap Cheese Fondue , yaitu :

- Ketika akan menyantap Cheese Fondue , biarkan keju leleh jatuh ke dalam panci terlebih dahulu, baru kemudian setelah itu anda bisa memakannya.
- Pakailah garpu untuk menusuk serta mencelupkan makanan. Taruh makanan di piring serta pakai garpu lainnya untuk makan. Bila tidak, saat menggigit makanan, usahakan garpu tidak bersentuhan dengan bibir atau lidah sebab akan dipakai ke dalam panci lagi.

- Harap diingat, potongan makanan yang telah digigit , jangan dimasukkan lagi ke dalam panci.

- Jangan terlalu banyak orang ketika menyantap Cheese Fondue , dimana 1 panci dapat dipakai maksimum untuk 6 orang.

No comments:

Post a Comment