Saturday 15 September 2012

Wisata Ke Daerah Wisata Gunung Batur dan Danau Gunung Batur, di Pulau Bali, Indonesia



Berikut ini merupakan hal-hal yang perlu anda ketahui mengenai daerah wisata Danau Gunung Batur dan Gunung Batur ,di Pulau Bali, Indonesia, sebelum anda berkunjung berwisata kesana, yaitu:

1. Kawasan Batur berada di ketinggian 900 meter di atas permukaan laut, dengan udaranya yang sejuk saat siang hari, serta dingin pada malam hari.

2. Kawasan Batur memiliki jarak 23 km dari kota Bangli. Jalanan menuju kawasan Batur sudah mulus dan gampang dijangkau.

3. Adapun akibat dari Gunung Batur yang pernah meletus pada tahun 1917, maka Pura Batur yang belokasi di kaki barat daya Gunung Batur, dipindahkan tak jauh dari posisi asalnya. Adapun sisa-sisa lahar yang membeku menyerupai batu berwarna hitam dengan bentuknya yang beraneka ragam, bahkan ada batu yang mirip bentuknya seperti burung garuda.

4. Gunung Batur dalam Lontar Susana Bali, merupakan puncak dari Gunung Mahameru yang dipindahkan Bathara Pasupati untuk dijadikan Sthana Betari Danuh ( Istana Dewi Danu). Oleh sebab kesaktiannya, pada saat tertentu, semua umat Hindu Bali yang berasall dari beberapa daerah , datang ke Gunung Batur untuk mempersembahkan sesajian supaya tujuannya dapat dihindari dari bencana, misalnya dari hama tanaman.

5. Menurut Pendeta Hindu, Danau Batur dilambangkan sebagai lambang kemakmuran, kesejahteraan, kesehatan serta kesucian. Dewi Wisnu telah memberikan lambang kehidupan, dimana wajib hukumnya bagi warga memelihara serta menjaga Danau Batur semaksimal mungkin untuk kebenaran.

6.Di daerah Batur, terdapat warga Bali Aga di Desa Trunyam,yang berlokasi di tepi timur Danau Batur, yaitu di Gunung Abang bersebelahan dengan Gunung Batur. 

7. Warga Bali Aga ini mempunyai kebiasaan unik yaitu warganya hanya membaringkan jenazah keluarganya di bawah pohon taru menyan tanpa menguburnya ke dalam tanah. Jenazah hanya ditutup kain putih dan dilindungi dari belahan bambu. Tradisi unik warga Bali Aga ini disebut dengan "mepasah".

No comments:

Post a Comment