Saturday 15 September 2012

Tips Memilih , Mengatur dan Merawat Kaca Spion Pada Mobil Anda


Berikut ini merupakan beberapa tips dalam memilih kaca spion pada mobil anda, yaitu:

1. Penempatan spion mobil yang berbeda-beda membuatnya mempunyai fungsi masing-masing. 

spion mobil yang berada diluar mobil disebut sebagai door mirror atau side - view mirror. Perangkat ini berada di ujung atas pintu sehingga bermanfaat untuk melihat bagian belakang serta samping mobil.

Sudut kaca spion mobil jenis ini disarankan diatur secara  tepat sesuai dengan kemampuan penglihatan anda. Pengaturan ini bisa dilakukan secara manual atau elektrik.

-Bila diatur dengan manual,letak serta arah spion dianjurkan disesuaikan dengan sudut pandang saat anda mengemudi. Pastikan anda bisa melihat obyek di belakang dengan jelas.

-Untuk spion mobil elektrik, manfaatkanlah tombol khusus untuk menentukan arah gerak baca.

2. Jenis spion yang berada di dalam mobil disebut sebagai rear-vision mirror. Spion mobil jenis ini dibuat supaya pengendara mobil bisa melihat ke belakang mobil melalui kaca belakang.  

Oleh sebab tidak dilengkapi fitur elektrik, maka sudut baca diarahkan secara manual. beberapa jenis mobil saat ini telah dilengkapi dengan spion dalam yang dapat mereduksi sinar lampu mobil bagian belakang dengan tuas khusus atau sensor cahaya otomatis.

3. Spion mobil tambahan contohnya fender mirror yang memiliki ukuran kecil. spion mobil dengan lensa cembung ini bermanfaat pada saat parkir mobil atau saat anda melewati jalanan yang sangat sempit.

4. Adapun tips merawat spion mobil anda yaitu:

- Ketika anda memarkirkan mobil di tempat yang sempit, lipatlah spion untuk mencegah terkena benturan dengan mobil lainnya di tempat parkir tersebut.

- Lengkapi mobil anda dengan sistem pengamanan sebab spion mobil luar paling sering menjadi incaran maling atau pencuri.

- Cara merawat kaca spion mobil supaya tidak muncul karat, yaitu dengan melepaskan kaca spion mobil , lalu bersihkan rongga spion mobil dengan memakai kuas kecil supaya bersihnya maksimal, lalu keringkan dengan menggunakan kain yang lembut sebelum spion mobil anda pasang kembali.

- Bila spion mobil elektrik mengalami gangguan, coba anda periksa kabel penghubungnya atau kontak orang yang lebih ahli. 


No comments:

Post a Comment