Friday, 21 September 2012

Tradisi Adat Tata Cara Menikah Orang Cina Di Republik Rakyat Cina



Adapun berikut ini merupakan tradisi, adat serta tata cara menikah orang Cina di negeri Republik Rakyat Cina yang perlu kita ketahui adalah sebagai berikut:

1. Selalu ada bunyi petasan dan kembang api untuk menyambut kedatangan mempelai pria dan wanita, dimana bunyi petasan yang kadanf memekakkan telinga membuat suasana menjadi semakin ramai.

2. Terdapat Meja Altar yang dinamakan sebagai Sam Kai, yang ditaruh di depan pintu menuju rumah. 

3. Apa itu Meja Sam Kai? 
Meja Sam Kai adalah merupakan sebuah meja yang diatasnya ditaruh 2 lilin, 2 buah gelas, dan 1 botol minuman anggur dan beras.

3.  Pernikahan adat Cina diarahkan oleh seorang MC ( Master of Ceremony ).

4. Barongsai merupakan tradisi wajib dalam menyambut kedatangan mempelai pengantin yang baru turun dari mobil . 
Biasanya, ada tradisi melempar kertas beraneka warna yang telah dicampur dengan kembang gula, sehingga anak-anak kecil berebutan mengambil kembang gula tersebut.

5. Terdapat karpet berwarna merah yang membentang menuju meja sam kai, seakan menuntun kedua  mempelai diiringi dengan musik dari Barongsai dengan meriah.

6. Setelah mempelai sampai di depan meja sam kai, maka kedua orangtua pengantin pun menyalakan api pada 2 lilin di atas meja sam kai tersebut, dengan maksud melambangkan makna bahwa kehidupan pengantin setelah pernikahan nantinya, akan menjadi terang.

7. Setelah itu, kedua orang tua pengantin kemudian menyalakan dupa serta melakukan pemberian hormat sebanyak 3 kali kepada nama marganya, lalu dilakukan secara bergantian oleh mempelai.

8. Papa dari masing - masing  pengantin lalu menaruh ang pao, dengan makna sebagai uang untuk modal usaha pengantin seusai pernikahan digelar, lalu diiringi dengan pemberian ucapan terima kasih dari mempelai.

9. Orang tua mempelai lalu menuangkan minuman anggur ke dalam gelas kedua mempelai dengan makna agar pengantin menjadi berani dalam mengarungi kehidupan berumah tangga.

10. Orang tua mempelai kemudian melemparkan kertas beraneka warna yang dicampur dengan kembang gula serta uang ke arah para tetangga yang melihat upacara pernikahan tersebut.

11. Mempelai dan orangtua lalu masuk ke dalam rumah.

No comments:

Post a Comment

Post a Comment