Saturday 22 September 2012

Dimana Sajakah Lokasi Wisata Makanan Khas Kuliner Cirebon? Apa itu Empal Gentong, Nasi Lengko, Docang, Tahu Gejrot?



Berikut ini merupakan lokasi wisata kuliner khas Cirebon, yaitu:

1.Apa itu Empal Gentong? Masakan Empal Gentong, yaitu masakan berupa daging dan jeroan sapi yang dimasak di dalam gentong tanah liat, yang semakin nikmat bila dimakan bersama dengan lontong, kerupuk kulit kerbau, serta ditaburi  bawang goreng serta daun bawang.

Anda dapat mencoba Empal Gentong yang ada di sepanjang jalan Plered, dan Plumbon,salah satunya adalah yang terkenal yaitu Empal Gentong Amarta di daerah jalan Plered, Cirebon.

2. Apa itu Nasi Lengko? Nasi lengko merupakan nasi yang disajikan bersama dengan tahu, tempe, tauge, serta bumbu kacang , dan lebih nikmat bila disantap bersama dengan sate kambing.
Adapun nasi Lengko yang terkenal adalah di Jalan Pagongan Haji Barno.

3. Apa itu Tahu Gejrot? Tahu Gejrot adalah camilan tahu dengan bumbu cabai, bawang putih, bawang merah, serta cabai rawit.
Salah satu daerah penjual tahu gejrot adalah di pasar Kanoman.

4. Apa itu Docang? Docang merupakan sajian berupa lontong, daun singkong, tauge, taburan kelapa parut, kerupuk serta kuah bumbu oncom. Datanglah ke daerah Siliwangi.

5. Bila anda ingin menikmati masakan seafood segar, khususnya udang bakar, maka bisa anda temukan di daerah sekitar Alun-Alun Cirebon.

6. Sate Kalong yang dibikin dari daging kerbau, dijual hanya menjelang maghrib, dapat anda temui di daerah Lemahwungkuk.

7. Rumah makan nasi Jamblang yang terkenal adalah Nasi Jamblang Mang Doel di jalan Cipto, yang lokasinya tidak jauh dari Mall Grage, atau Nasi Jamblang Pelabuhan yang lokasinya tidak jauh dari Kelenteng Tiao Kak Sie atau Dewi Welas Asih.

8. Untuk menikmati enaknya mie koclok, datanglah ke jalan Kartini atau Mie Koclok Panjunan di dekat Mesjid Merah panjunan, atau Mie Koclok Mang Edi di Jalan Lawanggada atau jalan Pekarungan.

9. Bubur Sop Ayam khas Cirebon dimana bubur ayam yang disajikan dengan kuah sop ini dapat anda temui di daerah Plered, Sumber, Tentara Pelajar serta Plumbon.

10. Oleh-oleh khas Cirebon seperti Kerupuk Melarat, terasi udang serta Manisan Shinta, Sirup Champolay, dapat anda cari di pusat oleh-oleh Cirebon.

1 comment:

  1. Bingung cari situs judi online teraman dan terpercaya di Indonesia?. Mari bergabung bersama kami & nikmati bonus menarik dari kami. Hanya dengan minimal deposit Rp 20.000 saja, anda sudah memiliki peluang untuk memenangkan puluhan juta bahkan sampai ratusan juta rupiah setiap harinya.

    Telah hadir situs terpercaya untuk bermain game online

    Menyaediakan 8 game dalam satu id
    * POKER
    * BANDAR Q
    * BANDAR POKER
    * DOMINO
    * CAPSA SUSUN
    * ADU Q
    * BANDAR 66
    * SAKONG

    keunggulan bermain di PESONAQQ :

    * Minimal deposit hanya Rp 20.000
    * Minimal tarik dana Rp 20.000
    * Dilayani oleh CS profesional dan ramah, 24 jam online
    * Proses Depo & WD super cepat
    * No ROBOT MURNI PLAYER VS PLAYER
    * Bonus Referal 100% - 200%
    * Bonus TO di bagikan tiap hari s/d 0.5%

    Untuk Info Lebih Lanjut Contact CS Kami :
    *Livechat
    * WA : +85511817618
    * BBM : 7A996166

    ReplyDelete