Sunday 30 September 2012

Tips Mencegah Mata Merah dan Kering Akibat Terlalu Lama Di Depan Layar Komputer PC dan Laptop



Terlalu lama menatap layar komputer PC atau Laptop dapat mengakibatkan mata menjadi sakit, berikut ini sakit yang bisa muncul akibat terlalu lama menatap memandang layar komputer PC dan laptop anda, yaitu:

-Mata menjadi merah dan kering

-Pandangan menjadi mulai kabur

-Pandangan menjadi ganda

--Mata iritasi

-Sakit kepala

-Muncul nyeri leher dan punggung

Adapun gejala sakit yang disebutkan diatas merupakan gejala dari suatu penyakit yang dinamakan computer vision syndrome.

Berikut ini beberapa tips memelihara kesehatan mata anda, saat memandangi layar komputer PC atau laptop, supaya mata tidak menjadi merah atau kering yang merupakan gejala awal dari computer vision syndrome, yaitu:

1. Sebelum menggunakan komputer, atur terlebih dahulu pencahayaannya, ukuran hurufnya, kontrasnya, sampai pada ukuran yang menurut mata anda itu nyaman. 
Cahaya layar komputer yang terlalu gelap atau huruf nya yang terlalu kecil, akan mengakibatkan mata anda dapat menjadi terlalu cepat lelah.

2. Posisikan komputer dengan tepat, yaitu posisikan monitor layar komputer sedikit di bawah arah horizontal pandangan mata, kira-kira 50-70 cm dari wajah anda. 
Dengan posisi tersebut, maka anda tidak harus mendongak serta mata anda akan menjadi rileks.

3. Jangan terlalu lama  menatap layar komputer anda, palingkan pandangan anda dari layar komputer tiap 20 menit sekali. Bila perlu, tataplah ke luar jendela selama 20 detik agar mata bisa diistirahatkan sejenak.

4. Jangan lupa untuk sering mengedipkan mata , saat anda bekerja terlalu lama di depan layar komputer atau laptop anda, supaya untuk menjaga mata anda tetap lembab.
 Bila mata anda masih juga terasa kering, gunakanlah tetes mata.

5. Rajinlah mengkonsumsi buah-buahan, biji-bijian, atau umbi-umbian yang kaya akan vitamin A, seperti kacang merah,pisang, pepaya, wortel, terong, apel, ikan , susu, serta telur. 

No comments:

Post a Comment