Saturday 8 September 2012

Apa itu Virus Hantavirus, Cara Penularan Virus Hantavirus dan Gejala Virus Hantavirus



Apa itu  Virus Hantavirus?

 Virus Hantavirus berasal dari sungai Hanta di Korea Selatan, dimana virus hantaan yang merupakan jenis pertama dari keluarga hantavirus ditemukan. 

Lalu , nama sungai Hanta ini dipakai untuk menamai virus ini. Saat itu tercatat korban bernama Ho Wang-lee diidentifikasi HTNV pada tahun 1978

Saat ini, September 2012,  Virus Hantavirus menyerang turis 18  negara yang berkunjung ke Taman Nasional Yosemite, Amerika Serikat. Tercatat, 2 orang tewas. 

Sebagian besar korban diperkirakan terinfeksi  Virus Hantavirus, saat tinggal di salah satu dari 91 kabin model tenda di perkemahan Curry Village, di Yosemite.

Wilayah Yang Terjangkit  Virus Hantavirus:

-Semenanjung Korea
-China
-Rusia
-Eropa Utara dan Barat


Penyebar virus:
Urine, ludah, kotoran serta gigitan binatang pengerat seperti tikus. Dalam kasus di Taman Nasional Yosemite, Amerika Serikat, penyebarnya adalah tikus ladang ( Peromyscus maniculatus ).

Gejala:
- Demam
-Telapak Tangan berkeringat
-Diare
-Nyeri
-Trombosit turun
-Denyut jantung melebihi normal
-Gagal ginjal
-Urine berbusa
-Sukar bernafas
-Serangan ke pembuluh darah jantung

 Virus Hantavirus berinkubasi selama 6 minggu setelah paparan, dan dapat mengakibatkan kesukaran dalam pernafasan parah serta dapat menimbulkan kematian. 

Saat ini tidak ada pengobatan untuk penderita  Virus Hantavirus, yang menewaskan 36 persen dari penderita yang sudah terinfeksi. Saat ini belum dilaporkan adanya penularan antar orang.


No comments:

Post a Comment