Tuesday 11 September 2012

Tips Pengetahuan Berwisata ke Tanah Lot, Pulau Bali, Indonesia




Berikut ini tips pengetahuan singkat yang perlu anda ketahui saat hendak berwisata ke Tanah Lot, Pulau Bali, Indonesia, yaitu:

1.Wisata ke Tanah Lot sangat tepat bila anda ingin menyaksikan keindahan sunset atau matahari terbenam di Pura Luhur Tanah Lot, Desa Beraban, Kabupaten Tabanan, Pulau Bali, dihiasi dengan tarian khas Bali, Tari Kecak yang biasa diadakan saat jam menunjukkan puku 17.30 WITA.

2. Tanah Lot hanya berjarak tempuh sekitar 30 menit - 1 jam dari Kuta, Bali, dengan menggunakan mobil atau bus.

3. Tanah Lot memiliki luas sekitar 36 are ( 3.600 meter persegi ) dan terdapat 6 pura tempat sembahyang. Adapun pura - pura tersebut secara berurutan dari arah tenggara menuju barat , yaitu:

-Pura Tanah Lot
-Pura Enjung Galuh
-Pura Jro Kandang
-Pura Batu Bolong
-Pura Batu Mejan
-Pura Pekedungan

4. Pura Tanah Lot berdiri di atas batu karang besar,dimana setelah beratus-ratus tahun lamanya ombak menghantam batu karang tersebut, namun pura tersebut masih tetap bisa berdiri sampai dengan sekarang.

5. Pemerintah di tahun 1976 dan 2001, sempat membangun pemecah gelombang supaya dapat menahan ombak, agar tidak menggerus karang pura tersebut. 
Tapi penduduk setempat yakin bahwa pura tersebut tetap akan berdiri sampai kapan pun, asalkan penduduk setempat saling tetap tidak melupakan Sang Hyang Widi , dengan cara tetap bersembahyang serta menggelar upacara sesuai kalender Bali.

6. Tahukah kamu, bila air laut pasang, maka penduduk setempat yang beragama Hindu yang hendak bersembahyang, mesti memakai sampan untuk menyebrang.
 Namun, bila air pasangnya tidak tinggi, maka mereka dapat berjalan melewati air yang tingginya kira - kira setengah meter saja.

7. Tiap harinya, wisatawan yang datang berkunjung ke Tanah Lot  bisa mencapai lebih dari 1.000 orang, dan di musim liburan sekolah ataupun musim liburan di beberapa negara luar, pengunjung bisa membludak sampai dengan 10.000 orang per hari.

8. Jam operasional buka di Tanah Lot  adalah dari jam 07.00 WITA sampai dengan tutup jam 19.00 WITA. Bila tenaga pekerja suatu saat sudah bisa siap, maka Tanah Lot bisa dibuka sampai dengan jam 22.00 WITA.

9. Tahukah kamu, demi kenyamanan, maka pada tahun 2012 ini , para pengelola mengeluarkan uang 1 Miliar Rupiah untuk memperbaiki ruas jalur setapak di Tanah Lot.

10. Tahukah kamu, pemasukan Tanah Lot di tahun 2011 mencapai Rp.17 Miliar dari kunjungan 2 juta wisatawan. 
Pada tahun 2012, pengelola Tanah Lot , menargetkan pemasukan sekitar Rp.20 Miliar.

11. Tanah Lot dikelola oleh Badan Pengelola Tanah Lot Desa Beraban dengan bagi hasil sekitar 60% pemasukannya diberikan ke kas pemerintah Kabupaten Tabanan.

No comments:

Post a Comment