Thursday 20 September 2012

Mengapa Air Kemasan Galon Seperti Merek Aqua Menjadi Langka dan Susah Ditemui Dicari Di Pasaran Jakarta Tangerang dan Sekitarnya?



Mengapa air kemasan galon menjadi langka, dan susah ditemui dan dicari ke toko-toko yang ada di Jakarta , Tangerang dan sekitarnya, terjawab sudah.

Pihak dari Aqua membantah kelangkaan air galonnya di pasaran disebabkan karena musim kemarau yang panjang akhir- akhir ini, sebab air yang dimanfaatkan oleh Aqua, bukan berasal dari lapisan permukaan atas, namun berasal dari lapisan tanah dalam, yang melalui proses penelitian panjang dan mendalam, dari berbagai ahli geologi dan ahli kimia. 

Jadi , alasan kekeringan dan musim kemarau, dipastikan tidak akan mengganggu sumber air produk Aqua, sehingga tidak akan mempengaruhi kapasitas produksinya.

Adapun beberapa alasan mengapa air galon menjadi langka di pasaran Jakarta , Tangerang beberapa hari terakhir adalah sebagai berikut:

1. Adanya peraturan pemerintah melalui Peraturan Dirjen Perhubungan Darat Kementerian Perhubungan, yang membatasi angkutan berat beroperasi mulai H-4 sampai dengan H+1 saat momen Lebaran 2012 kemarin,terutama untuk wilayah Jakarta, Tangerang Selatan, dan Bogor, sehingga akibatnya sangat mempengaruhi pengiriman pasokan sehingga stok galon menjadi sangat terbatas.

2. Ketika menjelang Lebaran, sebagian besar masyarakat Jakarta mudik ke Jawa, sehingga terjadi pergeseran stok galon air kemasan , yang semula lebih banyak ke Jabodetabek, lalu kemudian stock galon air kemasan tersebut dialihkan ke Jawa dan Bali, sehingga akibatnya stock galon air kemasan di Jabodetabek menjadi kosong.

3. Adanya permintaan yang sangat tinggi dari warga Jabodetabek, akibat musim panas yang berkepanjangan, sehingga kelangkaan galon menjadi muncul , namun karena  alur distribusi melibatkan banyak pihak , sehingga ketersediaan galon air kemasan di pasaran , menjadi tidak cepat terisi. 
Begitu pula dalam hal pengembalian galon yng kosong dari konsumen sampai dengan ke pabrik juga melibatkan mata rantai yang cukup banyak sehingga menjadi terlambat dalam hal penyediaan produk galon air kemasan.


Adapun, Ketua Air Mineral dalam Kemasan Indonesia, Hendro Baroeno, pada hari Rabu, 19 September 2012, mengatakan bahwa keadaan akan menjadi normal kembali pada pertengahan Oktober 2012 mendatang.

Saat ini, per 19 September 2012, harga 1 galon air kemasan isi ulang di jakarta sempat menyentuh harga Rp.15.000,-

No comments:

Post a Comment