Saturday 29 September 2012

Tips Merawat AC Mobil Supaya Awet dan Tetap Dingin



Mengapa AC Mobil menjadi tidak dingin, sering menjadi pertanyaan yang dikeluhkan oleh para pemilik mobil. 

Hal ini disebabkan oleh karena kekurangtahuan pemilik mobil mengenai cara merawat AC mobil supaya awet.

Berikut ini merupakan tips merawat AC mobil supaya awet dan tetap dingin, yaitu:

1. Jagalah kebersihan bagian dalam mobil , misalnya kabin, supaya tidak berdebu, sebab debu dan kotoran yang masuk ke dalam evaporator AC, lama-kelamaan akan:

- Menyumbat evaporator AC serta membuat AC menjadi tidak dingin.

-Membuat udara yang dihasilkan menjadi tidak sehat serta bisa menimbulkan bau yang tidak sedap.

2. Ketika anda mencuci mobil, maka buka kap mesinnya , lalu semprotkan air pada bagian kondensor AC (bentuknya seperti radiator serta lazimnya terletak di depan radiator ).

Debu serta kotoran yang menempel di kondensor AC, bila terus dibiarkan, maka akan mengeras serta menyebabkan korosi dan keropos, akibatnya bagian kondensor AC menjadi bocor.

3. Dianjurkan untuk tidak merokok di dalam mobil, sebab asap rokok akan menyebabkan bau yang tidak enak dan sukar untuk dihilangkan. 
Lagipula, nikotin pada rokok, bisa mengotori evaporator.

4. Jangan lupa untuk memarkir mobil anda ditempat yang teduh, bila anda akan memarkirnya dalam waktu yang cukup lama, sebab parkir di tempat yang panas akan menyebabkan ruang dalam mobil bisa menjadi panas serta membutuhkan proses pendinginan yang lama. 
Karena hal tersebut, maka beban pendinginan ketika mobil berjalan pun akan menjadi tinggi.

5. Biasakan jangan langsung menghidupkan AC saat memanaskan mobil. Biarkanlah mesin stabil terlebih dahulu, baru kemudian anda menghidupkan AC mobil, supaya beban kerja AC mobil menjadi tidak berat.

6. Saat anda mematikan mesin mobl, maka matikan terlebih dahulu AC mobil, baru kemudian mematikan mesin mobil, dengan maksud supaya beban kerja AC mobil menjadi tidak berat.

7. Cek kipas tambahan yang ada di depan kondensor berputar secara bersamaan ketika AC mobil sedang dihidupkan. 
Jika tidak berputar, maka cepat-cepatlah anda mengganti kipas tambahan tersebut, sebab bisa mengakibatkan kompresor AC mobil menjadi rusak.

8. Lakukan secara berkala yaitu pemeriksaan atau servis rutin, misal isi freon, kuras kondensor, serta membersihkan evaporator ke bengkel tiap 6 bulan sekali atau tiap 25.000 - 30.000 kilometer.

9. Bila ada terdeteksi kerusakan pada komponen yang bermasalah, maka segeralah anda menggantinya supaya tidak menyebabkan kerusakan yang lebih lagi serta bisa menyebabkan anda merogoh kocek anda sendiri lebih banyak lagi.

No comments:

Post a Comment