Tuesday, 11 September 2012

Museum Geologi Di Bandung, Jawa Barat Yang Menceritakan Asal Usul Nama Kota Bandung, Jawa Barat


Hal Yang Perlu Anda Ketahui Mengenai Museum Geologi Di Bandung, Jawa Barat , Indonesia, yaitu:

1. Museum Geologi Di Bandung  terletak tidak jauh dari Gedung Sate.

2. Museum Geologi Di Bandung didirikan pada tahun 1928. Pada zaman tersebut, kira - kira pada abad ke 18 Masehi, orang Eropa , terutama Belanda, makin gencar melakukan penelitian terhadap pertambangan mineral di Indonesia agar bisa memenuhi kebutuhan bangsanya yang saat itu sedang tinggi-tingginya.

 Adapun dari hasil penelitian, ditemukan berbagai macam fosil tua , batuan serta mineral yang bisa mengungkap misteri peradaban manusia di Indonesia pada zaman lampau.
Untuk menyimpan hasil temuan tersebut, didirikanlah Museum Geologi Di Bandung.

3. Apa saja yang tersimpan di Museum Geologi Di Bandung?

- Jejak evolusi mamalia yang hidup pada zaman Tersier, Kuarter hingga saat ini.

- Tersimpan tulang belulang gajah raksasa dengan gadingnya yang sangat besar serta panjang, juga tulang belulang kerbau purba yang memiliki tanduk yang amat besar.

- Koleksi tengkorak manusia purba yang pernah di temukan di Indonesia seperti halnya Homo Erectus.

-Temuan fosil di desa Trinil dan Mojokerto, Jawa Timur.

4. Asal usul nama kota Bandung bisa diungkapkan melalui Sejarah geologi kota Bandung, yang tersimpan di Museum Geologi Di Bandung. 

Konon, pada zaman purba, kota Bandung dulunya merupakan danau yang sangat luas. Namun dikemudian harinya, air danau ini kemudian surut serta kemudian menjadi sebuah kampung kecil yang kemudian berkembang menjadi kota. 

Kata " Bandung " sendiri diperkirakan berasal dari kata "bendung" sebab danau tersebut dibendung oleh gunung-gunung yang membentuk lingkaran.

No comments:

Post a Comment

Post a Comment