Sunday 9 September 2012

Tips Strategi Membeli Mobil Secara Kredit



Berikut ini ada beberapa tips membeli mobil secara kredit, yaitu:

1. Pada umumnya, penjual mobil sudah mengadakan kerja sama  dengan lembaga pemberi kredit , misalnya perusahaan leasing atau bank.
 Bila anda telah memutuskan membeli mobil secara kredit, maka pihak bank atau pihak leasing yang akan membayar mobil pada showroom atau dealer. 
Setelah itu anda bisa membayar dengan cara mencicil kepada leasing atau bank.

2. Keunggulan pada bank adalah suku bunga yang ditawarkan lebih rendah serta fleksibel ketika anda tidak dpat membayar cicilan.

Keunggulan pada leasing adalah kecepatan waktu proses aplikasi. 
Pilihlah satu dari dua lembaga pemberi kredit tersebut, sesuai dengan kebutuhan dan kemampuan.
 Bila anda tidak terburu-buru, maka pakailah layanan bank yang lazimnya menawarkan tingkat suku bunga yang lebih baik.

3.Tentukan terlebih dahulu besaran uang muka atau down payment ( DP ). Semakin besar uang muka, maka cicilan akan semakin sedikit. Bila uang muka ringan, maka besaran kredit atau cicilan menjadi semakin tinggi.

4. Anda harus juga menghitung mengenai tenor atau masa cicilannya, dimana semakin panjang tenor ( masa cicilan), maka suku bunga kredit akan semakin besar. 

5. Besaran cicilan yang disarankan adalah tidak lebih dari 30% dari gaji anda atau total penghasilan. Bila lebih dari itu, pada umumnya pihak bank akan sulit untuk menyetujuinya.

6. Untuk tahap pertama, anda bisa mencoba memilih jangka waktu kredit terpendek. 
Jika cicilan melebihi 30% dari penghasilan, maka perpanjang jangka waktu kredit sampai tahun kedua.
 Bila masih dianggap memberatkan, atau melebihi 30% penghasilan, perpanjang lagi sampai dengan batas maksimum yang dimungkinkan.

7. Sebagai langkah kedua, bila cicilan kredit mobil masih terlalu besar, maka disarankan anda untuk menaikkan jumlah uang muka. 
Tapi, dilarang untuk membayarkan uang muka / DP yang bersumber dari pinjaman sebab akan semakin membebani anda nantinya.

8.Pastikan jangka waktu kredit mobil tidak melebihi usia ekonomis mobil. Adapun usia ekonomis mobil sekitar 5 tahun. Disarankan untuk memilih jangka waktu kredit mobil di bawah masa 5 tahun.

9. Pastikan anda menyediakan dana cadangan bila terjadi kesulitan keuangan. 

10. Siapkan dana untuk asuransi mobil.

No comments:

Post a Comment