Wednesday 26 September 2012

Tips Merawat Perabotan Kayu Di Rumah Anda Agar Awet, Tidak Cepat Rusak, Kusam dan Lapuk



Berikut ini merupakan beberapa tips untuk merawat perabotan kayu di rumah anda, supaya tetap awet, tidak cepat rusak serta tidak menjadi kusam serta lapuk, yaitu:

1. Perabotan kayu di rumah dapat dirawat dengan menggunakan berbagai macam bahan alami, misalnya tembakau, gambir, biji sirsak, akar tuba, batang pisang, serta bakau.

2. Untuk merawat perabotan kayu di rumah  yang sederhana, maka gunakan 1 gelas air yang telah dicampur dengan 2 sendok makan minyak goreng dan perasan jeruk, lalu celupkan lap kedalam gelas tersebut, lalu mulailah menggosok perabotan kayu di rumah , sehingga perabotan kayu di rumah pun menjadi mengkilap dan menjadi bersih.

3. Untuk perawatan perabotan furnitur kayu dan mebel berukir, maka perawatannya menjadi lebih sulit, caranya:

-Bersihkan semua permukaan mebel dengan memakai lap sampai bersih. 

-Agar bisa menjangkau sudut-sudut berukir, pakailah kuas atau sikat lembut. 

-Setelah itu, barulah kita dapat menggosok mebel ukir dengan memakai semir sepatu padat atau kemiri bakar untuk kayu berukir gelap.

- Untuk perabotan yang berkayu warnanya terang, maka pakailah semir sepatu yang bening atau kemiri tumbuk yang dibungkus dengan memakai kain. 
Lalu, gosoklah kembali permukaan mebel berukir dengan memakai kain yang halus.

4. Adapun pembersihan dan perawatan perabotan kayu di rumah , dapat kita lakukan seminggu sekali.

5. Supaya penampilan perabotan kayu di rumah tetap menarik dari tahun ke tahun, maka poleslah dengan memakai pelapis khusus kayu , 2-3 tahun sekali.

6.Supaya perabotan kayu di rumah tidak gampang rusak, maka hindari permukaan perabotan kayu di rumah dari goresan , noda, serta benturan.

7. Sinar terik mentari serta sumber panas lainnya dapat membuat perabotan kayu di rumah  menjadi cepat kusam, retak bahkan bisa melengkung. 
Jadi, taruhlah perabotan kayu di rumah anda di tempat yang teduh atau di ruangan yang memiliki suhu normal serta tidak lembab supaya mencegah juga munculnya jamur.

8. Bila ingin mengganti posisi perabotan kayu di rumah , maka lakukan dengan hati-hati, dengan cara mengangkat perabotan kayu, dan jangan menggesernya untuk mencegah kerusakan.

No comments:

Post a Comment