Saturday 15 September 2012

Apa itu Artritis Reumatoid, Gejala Tanda - tanda Artritis Reumatoid dan Pengobatan Artritis Reumatoid



Apa itu sebenarnya penyakit Artritis Reumatoid?

Artritis Reumatoid merupakan salah satu bentuk penyakit autoimun, yaitu keadaan dimana sistem kekebalan tubuh menyerang jaringan tubuh sendiri.
Lazimnya Artritis Reumatoid lebih banyak menyerang wanita dibandingkan ke pria.


Mengapa Artritis Reumatoid lebih banyak menyerang wanita dibandingkan menyerang ke pria?

Penyebab Artritis Reumatoid ini disebabkan adanya perbedaan hormon seksual antara pria dan wanita. Hormon seksual berinteraksi langsung dengan sel-sel kekebalan tubuh melalui reseptor di permukaan atau dalam sel imun.

Ketika wanita penderita Artritis Reumatoid hamil, penyakitnya tidak muncul, namun setelah melahirkan dan telah melewati masa nifas, maka gangguan nya bisa muncul lagi.

Adapun Gejala dan tanda Penyakit Artritis Reumatoid, yaitu:
1. Ada keluhan nyeri sendi, kaku serta bengkak. Bila dibiarkan maka dapat menyebabkan kecacatan.
2. Muncul pada umur 20- 40 tahunan.

Adapun pengobatan Artritis Reumatoid yaitu:
1. Sayang nya, sampai dengan saat ini, Artritis Reumatoid belum ditemukan obat yang dapat menyembuhkan dari penyakit tersebut. 

2. Pengobatan yang ada saat ini untuk Artritis Reumatoid, hanya bertujuan untuk meningkatkan masa bebas sakit ( remisi ), dengan cara mengurangi nyeri, mengurangi peradangan, menghentikan kerusakan sendi, memperbaiki fungsi sendi, serta membuat pasien nyaman.

3. Perkembangan pengobatan Artritis Reumatoid , antara lain dengan menggunakan teknologi biologi molekuler. Saat ini sedang diteliti obat tocilizumah , dimana obat ini menjadi agen yang dapat menghambat IL-6 (interleukin) atau kunci mediator dalam kerusakan sendi dan efek sistematis dari Artritis Reumatoid.


No comments:

Post a Comment