Monday 10 September 2012

Manfaat Waduk Gajah Mungkur dan Wisata Ke Waduk Gajah Mungkur



Berikut ini merupakan beberapa manfaat Waduk Gajah Mungkur yaitu:

1. Waduk Gajah Mungkur memiliki luas sekitar 8.800 ha, terletak di daerah selatan Wonogiri, Jawa Tengah , berfungsi sebagai sumber pasokan air minum  warga masyarakat Wonogiri.

3. Waduk Gajah Mungkur dapat mengairi sawah di 4 kabupaten di sekitar Wonogiri.

4. Waduk Gajah Mungkur  berguna sebagai Danau Buatan, yang bisa menghasilkan listrik dari Pembangkit Listrik Tenaga Air ( PLTA ) untuk kota Wonogiri. 
Dengan pasokan listrik dari PLTA, sangat membantu menggerakkan roda kehidupan warga Wonogiri.

5.Waduk Gajah Mungkur dapat membendung sungai Bengawan Solo, serta berguna untuk mencegah banjir tahunan yang sering melanda wilayah tersebut.

6. Tidak sedikit warga di 5 kecamatan sekitar Waduk Gajah Mungkur , yang berprofesi sebagai nelayan mencari nafkah. 
Adapula yang membudidayakan perikanan darat seperti: ikan nila hitam, ikan jambal, ikan gabus, ikan betutu, ikan saga dan udang.


Adapun Waduk Gajah Mungkur dikenal sebagai tempat wisata , yaitu:

1.Waduk Gajah Mungkur dapat dicapai  kira-kira 30 menit dari Solo dengan memakai kendaraan pribadi atau berjarak 35 km ke arah selatan Solo.

2. Waduk Gajah Mungkur  di pakai untuk memancing, serta digunakan untuk melakukan olahraga air , contohnya perahu, ski air, serta paralayang.

3. Saat hari libur nasional maupun hari libur sekolah, jumlah mobil yang berkunjung bisa mencapai 600 buah, belum termasuk jumlah bus maupun motor.

4. Anda bisa menjumpai warung makan di atas air dengan menu special makanan Jawa serta seafood.

No comments:

Post a Comment