Sunday 7 October 2012

Apa itu Motherboard dan Mari Mengenal Unsur Komponen di Motherboard Komputer Personal Computer (PC ) Anda



Banyak orang belum mengetahui apa saja unsur komponen yang ada di dalam  Motherboard pada sebuah komputer Personal Computer (PC).



Perlu diketahui apa itu sebenarnya Motherboard ?
Motherboard merupakan suatu komponen dalam PC yang berupa sebuah papan sirkuit utama yang menghubungkan satu komponen dengan komponen lainnya.



Berikut ini merupakan beberapa komponen dalam sebuah Motherboard , yaitu:

1. Chips atau Memori
Chipset merupakan suatu komponen utama yang ada di dalam Motherboard , yang berfungsi mengontrol komunikasi antarmuka dengan komponen yang berbeda dari sistem. 
Jika anda membutuhkan kemampuan grafis dalam komputer, maka carilah Motherboard yang mendukung memori kecepatan tinggi. Modul memori ini mesti disinkronisasi dengan Motherboard .

2.Prosesor
Yang harus juga diperhatikan dalam sebuah Motherboard  yaitu kompabilitas dengan CPU, misalnya apakah memilih prosesor dengan merk AMD atau Intel.
Soket yang menghubungkan prosesor CPU ke Motherboard  mesti sesuai dengan sambungan dari prosesor serta Motherboard , sebab tidak ada kompabilitas langsung antarsoket.
Prosesor sangat berpengaruh dalam menentukan kecepatan yang dihasilkan oleh komputer yang dimiliki anda.


3. Port USB dan Slot Ekspansi
Jangan lupa untuk mengecek berapa jumlah pert USB yang tersedia di dalam suatu Motherboard , sebab tentunya akan mempengaruhi pekerjaan anda sendiri nantinya.
Cek juga jumlah slot ekspansi, sebab sangat menentukan apabila anda ingin nantinya menambahkan grafis, suara tambahan, serta internet nirkabel ke Motherboard . 
Jangan lupa untuk memeriksa jenis serta jumlah slot ekspansi seperti PCI bus minimal tipe paling baru, serta AGP bus support paling baru.
Sesuaikan slot ekspansi dengan card adapter yang suatu saat anda perlukan.


4. SATA Hard Drive dan optical Drive
Sebagai teknologi, SATA merupakan bus komputer, yang dirancang untuk melakukan perpindahan data antara Motherboard  dan komponen-komponen lainnya.

No comments:

Post a Comment