Sunday 14 October 2012

Apa Manfaat Kerokan Bagi Kesehatan , Bagaimanan Cara Kerokan Yang Benar dan Apa Benar Sering Kerokan Akan Membuat Kulit Menjadi Rusak dan Pembuluh Darah bisa Pecah?



Berikut ini merupakan hal-hal mengenai kerokan yang perlu anda ketahui, yaitu:

1. Kerokan ternyata tidak hanya dikenal di negara Indonesia, namun juga di:

-China dengan sebutan gua sha

-Vietnam dengan sebutan cao gio

-Kamboja dengan sebutan goh kyol


2. Penelitian yang dilakukan terhadap 390 responden yang sudah berusia 40 tahun menunjukkan bahwa 90% dari mereka mengaku pernah kerokan ketika masuk angin. Para responden memang mempercayai kalau kerokan bisa menyembuhkan masuk angin.

3. Sebenarnya istilah masuk angin tidak ada di dunia kedokteran. Masuk angin merujuk pada keadaan perut kembung, kepala pusing, demam ringan serta otot nyeri.

4.Kerokan di negara Indonesia biasanya memakai uang logam ataupun alat pipih yang tumpul yang digerakkan di kulit secara berulang-ulang memakai minyak sebagai pelicin.

5. Apa benar sering kerokan akan membuat kulit menjadi rusak?

Seorang peneliti bernama Prof Didik Gunawan Tamtomo, seorang Guru Besar dari Fakultas Kedokteran UNS Solo, melakukan penelitian dengan cara:

-Mengerok bagian tangannya sendiri

-Bagian tangan yang telah dikerok lalu dibiopsi, yaitu dengan cara mengambil sedikit kulit epidermisnya ( kulit ari) untuk kemudian dilakukan pemeriksaan mikroskopis.

- Adanya anggapan bahwa dengan sering kerokan akan membuat kulit menjadi rusak, pori-pori kulit membesar serta pembuluh darah bisa pecah adalah keliru.



Hasil pemeriksaan di laboratorium patologi anatomi UNS memperlihatkan bahwa :

++Tidak ada kulit yang rusak ataupun pembuluh darah yang pecah, yang ada hanyalah pembuluh darah menjadi melebar.

++Melebarnya pembuluh darah akibat kerokan dapat membuat aliran darah menjadi lancar serta pasokan oksigen dalam darah menjadi bertambah.

++Kulit ari juga menjadi terlepas seperti halnya ketika anda melakukan luluran.


6. Apa manfaat Kerokan?

-Dengan kerokan, aliran darah menjadi lancar sehingga pasokan oksigen dalam darah menjadi bertambah

-Terjadi peningkatan kadar endorfin yang bisa membuat orang yang sudah dikerok menjadi merasa nyaman, rasa sakit hilang, lebih segar serta bersemangat.

-Kadar prostaglandin menjadi menurun. Prostaglandin merupakan senyawa asam lemak yang berfungsi menstimulasi kontraksi rahim serta otot polos lainnya serta dapat menurunkan tekanan darah, mengatur sekresi asam lambung, suhu tubuh serta mempengaruhi kerja sejumlah hormon. 

Namun, zat prostaglandin di sisi lainnya mengakibatkan munculnya rasa nyeri otot. Dengan kerokan, zat prostaglandin menjadi berkurang sehingga rasa nyeri otot pun menjadi berkurang.

7. Bagiamana cara kerokan yang benar?

Cara kerokan yang benar adalah :

-Dengan dimlai dari atas ke bawah di sisi kanan dan kiri tulang belakang, lalu dilanjutkan dengan garis-garis menyimpang di punggung bagian kiri dan kanan.

-Alat pengerok dipegang 45 derajat supaya ketika bergesekan dengan kulit tidak terlalu sakit.

-Ibu yang mengerok anaknya sambil bercerita adalah cara terbaik sebab mengandung unsur biopsikososial dalam pengobatan yang justru saat ini digalakkan pada pengobatan modern saat ini.

No comments:

Post a Comment