Friday 26 October 2012

Apa itu Telur Mimi, Makanan Khas Kota Kendal, Jawa Tengah, Indonesia




Berikut ini merupakan hal-hal yang perlu anda ketahui mengenai Telur Mimi, makanan khas kota Kendal, Jawa Tengah, Indonesia, yaitu:

1. Telur Mimi merupakan makanan khas yang hanya dapat anda jumpai di daerah kaliwungu, Kendal, Jawa Tengah, ketika memasuki bulan Ramadhan.

2. Jika anda datang berkunjung ke Kendal, maka sempatkanlah sejenak untuk mampir ke Masjid Agung Kaliwungu. 
Telur Mimi lazimnya dijual di halaman parkir Mesjid Agung Kaliwungu , bersamaan dengan makanan khas lainnya seperti kue Pancong dan gethuk, saat bulan Ramadhan.

3.Makanan-makanan khas tersebut semuanya dikemas dalam Wisata Kuliner Halal Tukudher, yang merupakan tradisi tahunan pasar makanan serta jajanan tradisional lainnya, di bulan Ramadhan.

4. Telur Mimi atau dalam bahasa Kendal disebut ndhog Mimi, sebenarnya merupakan makanan yang terbuat dari telur ikan mimi ( sejenis ikan pari).

5. Telur Mimi dibuat dengan cara :

-Telur mimi dimasak sampai dengan matang.

-Lalu telur ikan mimi dikerok dari cangkangnya.

-Terakhir telur ikan mimi dicampur dengan parutan kelapa muda yang telah diberi bumbu.


6. Harga Telur Mimi biasanya dijual dengan harga 1 plastik kecil telur mimi yaitu kurang dari Rp.5.000,- ( per tahun 2012 ), namun ada juga pedagang yang menjual secara utuh 1 ekor mimi dengan harga Rp.40.000,-

7. Ikan mimi merupakan ikan jenis pari yang lazimnya dapat diperoleh di daerah Tawang Rowosari.

8. Untuk bisa mengolah telur mimi, lazimnya dipilih ikan mimi yang memiliki ukuran besar dan sudah bertelur. Untuk ikan mimi yang tidak bertelur atau ikan mimi yang berukuran kecil , akan diambil dagingnya. Lalu, ikan mimi kemudian diolah dengan cara dicampur dengan parutan kelapa.

No comments:

Post a Comment