Saturday 20 October 2012

Tips Apa Saja Yang Perlu Dilakukan Agar Supaya Rumah Tetap Nyaman dan Tidak Bocor Saat Musim Hujan Datang Tiba



Berikut ini merupakan beberapa tips supaya rumah tetap nyaman dan tidak bocor saat musim hujan tiba, yaitu:

1. Periksalah saluran drainase rumah, dimana saluran drainase ini mesti bebas dari sampah serta kotoran.

2. Pertimbangkan kembali pipa saluran drainase rumah, apakah masih dapat menampung air atau perlu diperbesar lagi? 

3. Cek pula kemiringan pipa saluran air, sebab pipa yang terlalu landai akan menyebabkan munculnya genangan air.
4.  Cek dinding rumah yang terkena langsung air hujan.:

-Adapun dinding bagian luar dianjurkan untuk dilapisi dengan cat tahan air supaya terhindar dari dinding yang menjadi lembab dan mengelupas.

-Bila ada retakan di dinding luar rumah, maka segera dibobok terlebih dahulu, lalu diplester serta dipulas dengan menggunakan cat tahan air.

5. Cek Lantai di teras rumah dan car-port. Dianjurkan memakai lantai yang bertekstur supaya ketika tersiram air, menjadi tidak licin.

6. Cek atap rumah, dimana kemiringan atap rumah yang landai akan mengakibatkan air menjadi menggenang yang lelu dapat memicu munculnya kebocoran pada atap rumah. Disarankan sudut kemiringan atap rumah yang baik adalah 30-40 derajat.

7. Cek genteng rumah, dimana genteng mesti terpasang dengan teknik seluruh genteng harus saling mengunci. Pastikan tidak ada genteng yang rusak atau pecah.

8. Cek talang air yang lazimnya tersumbat kotoran serta daun-daun yang telah mengering. Bila ada talang air yang sudah pecah, maka mesti ditambal atau diganti dengan talang baru.

9. Lapisi sambungan antar atap dengan menggunakan bahan kedap air untuk menutupi celah-celah kecil yang mungkin saja terlewatkan.

No comments:

Post a Comment