Saturday 20 October 2012

Odense, Denmark, Kota Kelahiran Hans Christian Andersen, Pengarang Itik Buruk Rupa


 Berikut ini sekilas mengenai kota Odense, Denmark, yang merupakan kota tempat kelahiran pengarang ternama,  Hans Christian Andersen, yaitu:

1. Kota Odense (orang Denmark menyebutnya Odse), merupakan kota terbesar ketiga di Denmark setelah kota Kopenhagen dan Aarhus.

2. Odense berlokasi di barat daya kota Kopenhagen, Denmark, dan terletak di pulau terpisah, Funen.

3. Sebelum tahun 1997, dua pulau yaitu Zealand yang merupakan pulau terbesar dengan Kopenhagen di dalamnya, dan Funen dengan kota utama Odense, terhubung dengan transportasi laut. Penduduk Denmark hilir mudik antara Kopenhagen-Odense dengan menggunakan Feri. Jika cuaca sedang buruk, maka pastilah kegiatan menjadi terganggu.
 Namun, sejak tahun 1997, dibangunlah jembatan penghubung Zealand-Funen yang bernama Jembatan Sabuk Besar ( Jembatan Storebaelt-sbroen ).
 Dinamakan Sabuk Besar oleh sebab Denmark juga memiliki jembatan Sabuk Kecil yang menghubungkan Funen dengan Pulau Jutland.

4. Kota Odense memiliki jumlah penduduk sebanyak 168.000 jiwa, dan bila ditambah dengan penduduk pinggiran, maka jumlah penduduk Odense menjadi 200.000 jiwa.

5. Kota Odense merupakan kota kelahiran pendongeng dunia yang terkenal dengan dongeng Itik Buruk Rupa, yaitu  Hans Christian Andersen.

6. Dimana -mana di kota Odense dapat dengan mudah dijumpai atribut terkait dengan  Hans Christian Andersen. Hotel Radisson bahkan berada terletak di dekat  rumah Andersen. 
Hotel Radisson dipenuhi dengan pernak-pernik Andersen. 
Di pintu masuk hotel Radisson terdapat patung  Hans Christian Andersen yang mengenakan jas panjang serta topi khasnya. 
Terlihat diberbagai macam sisi hotel Radisson, tampak terpajang cuplikan dongeng  Hans Christian Andersen.

7. Kota Odense juga merupakan kota kelahiran pemain bulutangkis Denmark , Viktor Axelsen, yang disebut-sebut sebagai pengganti penerus pemain seniornya, Peter Hoeg Gade yang akan gantung raket. 

No comments:

Post a Comment