Saturday 13 October 2012

Tips Merawat Kuku Jari Tangan Anda Supaya Sehat Dan Terlihat Cantik




Berikut ini merupakan beberapa cara dalam merawat kuku supaya kuku menjadi sehat dan terlihat cantik, yaitu:

1. Penggunaan cat kuku yang sangat sering akan membuat kuku menjadi terlihat berwarna kuning serta kuku bisa menjadi rapuh, oleh karena itu ada baiknya mengistirahatkan kuku anda selama minimal 1 hari dalam seminggu supaya kuku anda bisa bernafas lagi.

2. Hindari kebiasaan menggigit -gigit kuku, sebab kebiasaan tersebut malahan akan membuat kuku menjadi kurang kuat serta membuat tampilan kuku menjadi jelek.
 Lagipula, kuku tangan yang tidak bersih akan mengandung bakteri serta virus yang bisa masuk ke dalam tubuh anda melalui kebiasaan menggigit kuku yang sangat tidak baik ini.

3. Kurangi penggunaan tangan dalam membuka benda-benda yang keras seperti tutup botol karena akan menyebabkan kuku tangan akan menjadi mudah rapuh.

4. Adapun penggunaan bahan alamiah untuk perawatan kuku supaya kuku menjadi sehat, adalah cara yang tepat dan aman bagi kesehatan kuku anda sendiri, yaitu:

-Belimbing wuluh atau belimbing sayur

-Minyak zaitun

-Jeruk nipis

-Lemon

-Bawang putih

-Telur dan madu



Lalu bagaimana caranya menggunakan bahan-bahan tersebut untuk merawat kuku anda?

A. Gunakanlah belimbing wuluh untuk digosokkan pada dasar kuku anda , tujuannya adalah:

++ Untuk membersihkan kotoran yang terdapat di sela-sela kuku serta kulit luar 
++ Untuk menguatkan kuku anda


B. Rendam jari-jari tangan anda ke dalam rendaman air campuran minyak zaitun atau cuka apel yang sebelumnya sudah dihangatkan terlebih dahulu.

C. Rendam lagi jari-jari tangan anda ke dalam campuran minyak zaitun, telur dan madu yang sebelumnya telah dihangatkan terlebih dahulu.

D. Bilas jari-jari tangan anda sampai dengan bersih. Bila anda rutin melakukan perawatan tersebut, niscaya kuku tangan anda akan menjadi halus, bersih serta akan terlihat bening.

5.Penggunaan bawang putih untuk merawat kuku sebenarnya sudah dilakukan oleh nenek moyang kita pada zaman dahulu kala. Caranya adalah:

-Parut bawang putih sampai menjadi halus, lalu gosokkan ke kuku anda, lalu bilas jari -jari tangan anda sampai dengan bersih.


6. Gunakan air jeruk nipis atau air jeruk lemon untuk dioleskan pada kuku-kuku pada jari tangan anda secara rutin , lalu bilas jari tangan anda sampai dengan bersih.

7. Supaya kuku anda menjadi tampak bening, anda dapat menggunakan lidah buaya yang sebelumnya dibersihkan terlebih dahulu, lalu dioleskan pada kuku jari tangan anda, lalu bilas sampai dengan bersih. Lakukan secara rutin.

8. Bila anda menginginkan kuku tangan yang sehat, maka ada baiknya anda mengkonsumsi beberapa jenis makanan yang baik untuk kesehatan kuku tangan anda, yaitu:

-Buah- buahan yang mengandung vitamin C , misalnya jeruk.

- Makanan yang mengandung protein serta zat mineral seng, misalnya kedelai, dan macam-macam makanan yang berasal dari laut.

-Mengkonsumsi air putih yang cukup minimal 8 gelas sehari, dapat mencegah kuku menjadi mudah retak dan rapuh oleh sebab kuku terhindar dari resiko kekeringan.


Berikut ini beberapa hal yang perlu anda ketahui mengenai kuku manusia, yaitu:

1. Pertumbuhan kuku jari tangan manusia adalah kira-kira 0,5 - 1,5 milimeter tiap minggunya. 
2. Pertumbuhan kuku jari tangan manusia itu 4 kali lebih cepat bila dibandingkan dengan pertumbuhan kuku pada jari kaki manusia.

3. Kuku manusia yang sehat terdiri dari berberapa bagian, yaitu:

- Nail Bed yaitu kulit yang berada di bawah kuku

- Nail Folds yaitu kulit disekitar kuku

- Nail Plate yaitu lapisan paling luad dari kuku

- Kutikula yaitu lapisan yang menyelimuti kuku

- Lumula yaitu bagian setengah lingkaran di bagian dasar kuku

No comments:

Post a Comment