Sunday 7 October 2012

Tips Mengatur Mengelola Uang Gaji Supaya Tidak Boros


Berikut ini merupakan beberapa tips dalam mengatur mengelola uang gaji supaya tidak boros, yaitu:

1. Bikinlah suatu daftar yang memuat pengeluaran-pengeluaran yang wajib anda keluarkan secara rutin pada bulan tersebut. Dengan anda membikin daftar tersebut, maka anda dapat mengutamakan dan memprioritaskan kewajiban bulanan anda sendiri.

2. Jangan memiliki sikap "Lupa Diri", saat anda telah menerima gajian. Jangan pula menggunakan prinsip aji mumpung saat anda sudah menerima uang gajian, seperti, "Ah..mumpung ada duit di tangan, mumpung ada diskon,beli ah...".

Akibatnya anda bisa boros. Utamakan prinsip "Need" daripada "Want". Kalau Need (kebutuhan) itu pasti anda perlukan sehingga boleh anda beli, namun yang namanya Want ( keinginan ) belum tentu itu prioritas, jadi tidak perlu anda beli, sebab akan membuat anda menjadi tambah boros.

3. Minimalisir pemakaian kartu kredit, supaya anda bisa tidur dengan tenang tanpa pusing kepala memikirkan bunga kartu kredit yang malahan membuat anda makin tambah boros mengeluarkan uang dari gaji anda.

4. Buatlah Planning mengenai pendidikan anak, dimana anda mesti menyiapkan dana tabungan pendidikan serta sekolah yang baik untuk anak anda kelak, sebab biasanya uang sekolah ini akan sangat menguras kocek gaji anda nantinya.

5.  Begitu anda terima gaji, bayar segera semua kewajiban yang  mesti and bayar dan bayar segera semua pengeluaran bulan berjalan , juga sisihkan 5% dari gaji anda untuk pengeluaran yang tidak terduga. Adapun sisa dari gaji tersebut dapat anda pakai untuk ditabung.

6. Bila perlu, catatlah setiap pengeluaran,dimana dengan mencatat pengeluaran , kita bisa menjadi tahu kemana uang gaji kita keluar, tidak habis tanpa jejak.

7.Jangan pula kalap saat mengetahui ada barang yang di diskon, jangan sampai uang gaji anda sebulan habis  sebelum waktunya gara-gara membeli barang yang di diskon.

8. Taha diri pas tanggal muda ketika melihat barang obralan. Belilah seperlunya. Jika waktu pertengahan bulan , uang anda masih banyak, segeralah ditabung. 

No comments:

Post a Comment