Tuesday 9 October 2012

Ini Dia Profil Biodata Singkat Shinya Yamanaka, Peraih Hadiah Penghargaan Nobel Kedokteran Tahun 2012




Berikut ini merupakan profil biodata singkat Shinya Yamanaka, peraih Nobel Kedokteran 2012 dari negara Jepang, yaitu:


Nama :
Shinya Yamanaka


Tempat Tanggal Lahir:
Osaka, Jepang, Tahun 1962


Pendidikan:
-Dokter dari Universitas Kobe, tahun 1987

-Sempat belajar bedah tulang, lalu ganti haluan ke riset dasar genetika

-PhD dari Universitas Osaka, tahun 1993



Pekerjaan:
-Institut Gladstone, San Francisco, Amerika Serikat

-Institut ilmu pengetahuan dan Teknologi Nara, Jepang

- Saat ini sebagai Guru Besar di Universitas Kyoto, Jepang dan di Institut Gladstone, Amerika Serikat



Beberapa hal yang perlu anda ketahui mengenai Shinya Yamanaka , peraih hadiah Nobel di bidang Kedokteran di tahun 2012, yaitu:

1.   Shinya Yamanaka merupakan seorang anak semata wayang dari keluarga pemilik pabrik suku cadang mesin jahit. Bila ia mengikuti apa kata adat budaya Jepang, mungkin saat ini ia hanyalah seorang pengusaha suku cadang mesin jahit saja.

2. Ayah  Shinya Yamanaka yang merupakan pemilik pabrik suku cadang mesin jahit, malahan berpikiran maju, dimana ia mendorong anaknya,  Shinya Yamanaka , untuk belajar bersekolah agar bisa menjadi seorang dokter.

3. Lima puluh tahun kemudian berselang,  Shinya Yamanaka lalu berubah haluan dari mempelajari ilmu bedah tulang, lalu berganti menjadi seorang peneliti riset dasar genetika, dimana  Shinya Yamanaka dijadikan pemimpin dalam meneliti sel punca.

4. Di tahun 2006,  Shinya Yamanaka mengetahui bahwa sel punca mencit yang sudah terspesialisasi, dapat di program ulang menjadi sel punca pluripoten dengan cara menambah beberapa gen.

Apa itu sel Pluripoten?
Sel Pluripoten adalah sel yang dapat tumbuh menjadi berbagai macam sel tubuh.


5.  Shinya Yamanaka lalu mengadakan riset lebih mendalam mengenai:

-Sel Punca embrional

-Sel Punca pluripoten yang diisolasi dari embrio dan dikembangkan di laboratorium.


Shinya Yamanaka  disini berusaha menemukan gen-gen yang bisa membuat sel tetap muda.
Saat sejumlah gen ia identifikasi,  Shinya Yamanaka melakukan uji coba apakah ada di antara gen tersebut dapat memprogram ulang sel dewasa menjadi sel punca pluripoten.

6.  Shinya Yamanaka beserta team-nya melakukan introduksi gen -gen dalam sejumlah kombinasi ke sel dewasa dari jaringan ikat, fibroblas ( sel jaringan ikat ), lalu mengadakan penelitian terhadap hasilnya di bawah mikroskop.

7.  Shinya Yamanaka dan team- nya kemudian berhasil memperoleh kombinasi yang benar. 
Dengan melakukan introduksi 4 gen bersama-sama, maka  Shinya Yamanaka dapat melakukan pemrograman ulang sel fibroblas menjadi sel punca yang dapat tumbuh menjadi berbagai macam sel lain, misalnya sel saraf atau sel lambung.

8. Hasil penelitian yang dilakukan oleh  Shinya Yamanaka dan team- nya, lalu dibuka kepada umum di tahun 2006, dimana hasil penelitiannya dipandang banyak orang sebagai suatu terobosan yang besar.

9.  Shinya Yamanaka pernah menyatakan bahwa keadaan stabil dari sel yang terdiferensiasi, saat ini diketahui dikontrol oleh mekanisme dinamis yang bisa dengan gampang untuk dikacaukan. 
Oleh sebab itu, sel yang dewasa dapat diprogram ulang, bisa diubah pola ekspresi gen-nya ke jenis sel lainnya.

10.  Shinya Yamanaka menamai hasil peneltian temuannya sebagai "Sel Punca Pluripoten yang Diinduksi / Induced pluripotent stem cells/ iPs cells.

No comments:

Post a Comment