Sunday 14 October 2012

Tips Memilih Ban Sepeda Motor Yang Bagus dan Baik



Berikut ini merupakan beberapa tips dalam memilih ban sepeda motor yang bagus dan baik, yaitu:

1. Pilihlah ban yang memiliki komponen yang lunak. Ban yang memiliki karakter karet yang lunak , mempunyai daya cengkram yang kuat saat sepeda motor anda melewati jalan yang basah serta licin.

2. Jika anda memutuskan untuk menggunakan ban sepeda motor yang bekas, anda perlu mengecek ukiran atau batikan di telapak ban  masih dalam keadaan bagus dan tidak gundul.

3. Cek tekanan angin pada ban sepeda motor, hal tersebut sangat penting anda perhatikan supaya dapat terhindar dari resiko motor oleng yang bisa menyebabkan kecelakaan.
 Usahakan supaya tetap konsisten terhadap ukuran tekanan angin sesuai dengan standar yang ditetapkan pabrikannya. Jika tekanan terlalu banyak, maka titik tumpu ban hanya ada di tengah-tengah telapak ban.

Bila tekanan angin ban sepeda motor kurang , maka permukaan telapak ban akan lebih banyak, sehingga ban sepeda motor akan cepat aus dan beresiko mengalami pecah ban di jalan.

4. Cek pola ukiran ban sepeda motor. Pada keadaan hujan, coba pakai pola ukiran yang searah, sebab pola ukiran tersebut memiliki fungsi sebagai jalur sehingga air hujan dapat mengalir dan memecah genangan air. Jangan lupa cek juga tingkat kedalaman ukirannya.

5. Jangan memakai ban sepeda motor dengan ukuran yang lebih kecil dari yang dianjurkan. Lebar telapak juga sangat berpengaruh pada daya cengkraman dan pijakan ban sepeda motor anda terhadap permukaan jalanan.
 Ukuran ban sepeda  motor yang tepat dapat membuat sepeda motor anda menjadi lebih stabil saat berkendara di kondisi cuaca yang sedang hujan.

No comments:

Post a Comment