Wednesday 10 October 2012

Sejarah Singkat Susu Kental Manis PT Frisian Flag Indonesia Yang Sudah Berusia 90 Tahun



Berikut ini merupakan sejarah singkat perusahaan penjual susu kental manis PT Frisian Flag Indonesia yang perlu anda ketahui, yaitu:


1. Susu kental manis Frisian Flag sudah ada di Indonesia sejak zaman sebelum Indonesia merdeka pada tahun 1922.

2. Mulanya, susu kental manis Frisian Flag diimpor langsung dari negara Belanda, namun pernah berhenti diimpor dan dijual di masa perang dunia. Tapi kemudian pada tahun 1950,  masuk lagi ke Indonesia.

3. Pada tahun 1969,   Frisian Flag memutuskan untuk membuat pabrik di daerah Pasar Rebo, Jakarta Timur, lalu pada tahun 1971 , pabrik tersebut baru dapat beroperasi. 

4. Baru kemudian sejak tahun 1971, bendera  PT Frisian Flag Indonesia mulai berkibar dengan memproduksi susu kental manis, sampai dengan sekarang.

5.  PT Frisian Flag Indonesia sebenarnya merupakan anak usaha Friesland Campina, yaitu koperasi sapi perah paling besar di dunia yang berpusat di negara Belanda.

6.  PT Frisian Flag Indonesia tetap loyal pada bisnis utamanya, yaitu produk di bidang susu, dan tidak melebarkan sayapnya seperti banyak perusahaan lain yang ekspansi ke bisnis kopi.


7.  PT Frisian Flag Indonesia memproduksi produk dengan beberapa varians, yaitu:

-Susu Kental Manis Bendera Frisian Flag

-Susu Pertumbuhan 123

-Susu Pertumbuhan 456 dengan Isomaltulosa

-Frisian Flag Mama untuk ibu hamil.



8. Merek Susu Kental Manis Bendera Frisian Flag sudah melekat di hati masyarakat Indonesia, hal ini berbanding terbalik di Malaysia, dimana produk susu kental manis sudah tidak laku lagi.

9.Penjualan susu kental manis Bendera pada tahun 2011 sudah mencapai 7 triliun Rupiah. Adapun pertumbuhan tahun 2012 diprediksi mencapai 10 %-12%.

10.  Mengapa susu kental manis Bendera begitu laku laris di Indonesia, tapi di negara lain seperti Malaysia malah tidak laku?

-Karena hati masyarakat Indonesia sudah melekat terharap produk susu kental manis.

-Rajin melakukan inovasi, baik untuk produk maupun kemasan, dengan berupaya dapat menjangkau semua warga Indonesia.

-Adanya ketersediaan susu kental manis di pasaran, dimana peran distributor serta pedagang memegang peranan yang sangat penting.

-Kemasan memegang kunci, dimana masih banyak warga Indonesia yang masih belum mempunyai lemari pendingin kulkas, sehingga dengan adanya kemasan kaleng susu kental manis Bendera , warga masih bisa menikmati susu kental manis Bendera dengan nyaman serta aman.


11. Tahukah anda, bahwa produk susu Frisian Flag saat ini berhasil menguasai 1/3 pangsa pasar susu nasional. Bahkan untuk susu kental manisnya berhasil menjadi pemuncak pasar dengan menguasai  2/3 dari pangsa pasar.

No comments:

Post a Comment