Sunday 21 October 2012

Profil Biografi Singkat Raja Kamboja, Norodom Sihanouk




Berikut ini merupakan profil biografi singkat Raja Kamboja, Norodom Sihanouk, yang telah meninggal dunia di Beijing , China, pada usia 89 tahun, pada hari Senin, 15 Oktober 2012, yaitu:

1. Norodom Sihanouk lahir pada tanggal 31 Oktober 2012, dimana pada masa kanak-kanaknya , negeri Kamboja masih dibawah penjajahan Perancis.

2. Norodom Sihanouk diberi mahkota sebagai raja pertama Kamboja pada tahun 1941 ketika ia masih berumur 19 tahun.

3. Awalnya Norodom Sihanouk masih diremehkan saat didapuk menjadi raja Kamboja, namun berkat kepemimpinannya, ia berhasil mengusir penjajah Perancis pada tahun 1953.

4. Tanggal 17 April 1953, Kamboja menyatakan hari kemerdekaanya. Dua tahun kemudian, yaitu pada tahun 1955, Norodom Sihanouk turun tahta untuk menyerahkan kursi kerajaan kepada sang ayah, yaitu Norodom Suramarit.

5. Sejak tahun 1955, Norodom Sihanouk tampil mengejar karier di bidang politik. Tercatat, ia sudah 6 kali naik turun sebagai Perdana Menteri Kamboja.

6. Pada tahun 1960, ayahandanya wafat, sehingga Norodom Sihanouk kembali naik tahta sebagai Raja Kamboja.

7. Ketika ia kembali bertahta sebagai Raja Kamboja, Norodom Sihanouk menunjukkan sikap netralnya saat dunia sedang dilanda Perang Dingin, dimana Norodom Sihanouk menjadi salah satu pendiri Gerakan Non Blok.

8. Pada tahun 1965, hubungan Kamboja makin memburuk dengan negara Amerika Serikat bahkan sampai dengan memutuskan hubungan diplomatik oleh sebab keterlibatan Amerika Serikat dalam perang Vietnam.

9. Norodom Sihanouk membuka front terhadap Amerika Serikat pada tahun 1969 dengan menyatakan Kamboja berpaling ke Cina.

10.Negara Amerika Serikat yang khawatir Kamboja menjadi tempat pengungsian pelarian Vietnam, lalu mengambil keputusan membombardir tempat-tempat di Kamboja yang diduga sarang para pengungsi Vietnam.

11. Norodom Sihanouk berkali-kali mengajukan protes kepada Amerika Serikat, namun diacuhkan, sehingga ia dinilai gagal menjauhkan Kamboja dari peperangan.

12. Norodom Sihanouk di Kamboja dikenal sebagai pemerintahan 1 tangan. Ia dikritik sebagai Penguasa Khmer di zaman kuno, tapi berbaju gaya barat.

13. "Saya Sihanouk dan semua rakyat Kamboja adalah anakku.." demikian ungkap Norodom Sihanouk. Namun sejarah memperlihatkan sewaktu ia aktif dalam politik semasa ayahnya masih hidup sebagai raja, justru Norodom Sihanouk dikenal keras, bahkan zalim dan kejam.

14. Norodom Sihanouk juga dikenal dillettante, penggemar seni, playboy yang tidak kenal lelah, sering terlihat antusiasme yang terkesan kekanak-kanakan.

15. Norodom Sihanouk juga membuat film, melukis, mengarang lagu, menjadi manager tim sepak bola, dan memimpin musik jazz sendiri.

16. Norodom Sihanouk dikenal hobi akan mobil-mobil balap, gemar makanan dan wanita. Dikabarkan ia sudah menikah setidaknya  5 sampai dengan 6 kali dengan mempunyai anak sebanyak 14 orang.

17. Pada tahun 1970, Norodom Sihanouk disingkirkan  melalui kudeta yang dilakukan oleh para jendral pimpinan Lon Nol yang didukung oleh Amerika Serikat ketika Norodom Sihanouk sedang ada di luar negeri.

18. Norodom Sihanouk pun hidup di pengasingan di Beijing, China.

19. Norodom Sihanouk lalu berpihak pada gerilyawan komunis, Khmer Merah. Tapi ternyata komunis hanya memperalat Norodom Sihanouk, bahkan memaksa sang raja itu dalam status tahanan rumah di istananya sendiri ketika Khmer Merah berkuasa di negeri Kamboja.

20. Norodom Sihanouk kembali bertakhta di tahun 1993, namun pada Oktober 2004, Norodom Sihanouk mendadak menyatakan mengundurkan diri dengan alasan usia telah tua dan kondisi kesehatan.

21.Norodom Sihanouk meninggal dunia di Beijing, China,  pada usia 89 tahun, pada hari Senin, 15 Oktober 2012.
 Jenazahnya disemayamkan selama 3 bulan di Phnom Penh sebelum dikremasi dalam upacara kenegaraan.  

No comments:

Post a Comment