Saturday 20 October 2012

Apa Saja Manfaat Waduk Gajah Mungkur di Selatan Wonogiri, Jawa Tengah



Banyak orang mungkin bertanya, apa saja sih manfaat  Waduk Gajah Mungkur , yang berlokasi di selatan Wonogiri, Jawa Tengah?

1.  Waduk Gajah Mungkur melalui sistem perairan yang ada, dapat mengairi sawah di 4 kabupaten yang ada disekitarnya.

2.  Waduk Gajah Mungkur berfungsi sebagai danau buatan.

3.  Waduk Gajah Mungkur dapat menghasilkan listrik untuk kota Wonogiri, dari pembangkit Listrik Tenaga Air (PLTA), sehingga dapat membantu menggerakkan roda kehidupan masyarakat Wonogiri.

4.  Waduk Gajah Mungkur dapat membendung sungai Bengawan Solo, dan bermanfaat untuk mencegah banjir tahunan yang sering melanda wilayah tersebut. ( konon untuk tujuan tersebut, pembangunan  Waduk Gajah Mungkur sampai harus menggusur penduduk desa di 7 kecamatan ).

5. Penduduk di 5 kecamatan di sekitar  Waduk Gajah Mungkur , banyak memiliki profesi sebagai nelayan , dengan melakukan budidaya  perikanan daratnya. seperti ikan nila hitam, ikan jambal, ikan gabus, ikan betutu, ikan saga dan udang yang semuanya ini dipercaya masyarakat sekitar untuk bisa menambah stamina.


6.Sebagai potensi wisata alam. Untuk menempuh  Waduk Gajah Mungkur , jarak yang harus dilalui kira-kira 35 km ke arah selatan Solo , dan membutuhkan waktu 30 menit dari Solo jika anda menggunakan kendaraan pribadi.


Untuk wisata alam,  Waduk Gajah Mungkur menawarkan beberapa hal yang anda bisa nikmati, yaitu:

- Untuk memancing.

-Olahraga air seperti perahu, ski air dan paralayang.

- Makan di warung makan di atas air dengan menu khas masakan Jawa serta Seafood.

No comments:

Post a Comment