Saturday 6 October 2012

Apa itu Kamera Lomo dan Lomografi dan Jenis-Jenis Macam Kamera Lomo




Berikut ini merupakan hal-hal yang perlu anda ketahui mengenai Kamera Lomo ataupun Lomografi dan jenis-jenis atau macam-macam Kamera Lomo, yaitu:

1. Lomografi merupakan salah satu bagian dari fotografi, dimana lomografi ini menggunakan kamera khusus yang disebut sebagai kamera lomo.

2. Sebutan "Lomo" ini berasal dari singkatan " Leningradskoye Optiko-Mechanichesckoye Obyedinenie "( LOMO ), yang mempunyai arti penggabungan mekanis optik Leningrad.
Nama tersebut diambil dari nama pabrik lensa yang berada di kota St Petersburg, negara Rusia.

3. Pada mulanya, kamera Lomo merupakan kamera analog yang masih memakai gulungan film. Seiring perkembangan zaman, sudah ada kamera Lomo digital, misalnya jenis JOCO VX5 dan X-Version yang mempunyai fungsi dapat menampilkan gambar dengan  tampilan unik.

Tapi , kamera Lomo analog, sampai sekarang ini masih tetap disukai oleh pecinta lomografer ( penggermar lomografi).

4. Mengapa banyak orang suka pada kamera Lomo ini?

Hal ini disebabkan oleh kemampuannya yang bisa menampilkan gambar yang baik, juga jenis kamera lomo yang beragam sehingga bisa menggasilkan pencitraan yang berbeda-beda ketika film tersebut dicetak.

5.Kelebihan jenis kamera Lomographic Colorsplash yaitu di permainan warnanya. Kunci utamnya ada pada flash kamera yang mempunyai bermacam warna.

 Maka, bila kita menjepretkan kamera, maka tampilan gambar berwarna yang kita peroleh , belum tentu sesuai dengan warna aslinya. 

Adapun komposisi beragam warna inilah yang membuat hasil jepretan kamera lomo colorsplash tampil cantik. 

Kita bisa memakai kamera lomo colorsplash ini ketika malam hari untuk memperoleh hasil yang paling baik.


6. Kelebihan jenis kamera Lomographic Fisheye Camera, yaitu dapat menghasilkan jepretan yang berbentuk bulat serta cembung seperti mata ikan,

Adapun macam kamera lomo fisheye ada 2 macam, yaitu;

- Fisheye 1, yang dapat menghasilkan gambar berupa mata ikan dengan sudut pandang 170 derajat.

- Fisheye 2, yang memiliki viewfinder yang cembung, sehingga hasilnya dapat diketahui sebelum anda menjepretkan kamera.

7. Kelebihan jenis kamera Lomographic Frogeye Underwater yaitu bisa dipakai di dalam air walaupun tidak dilengkapi dengan casing khusus, sehingga keistimewaan inilah yang menyebabkan timbulnya istilah "Frogeye" atau "Mata Katak".

8. Kelebihan jenis kamera Lomographic ActionSampler, Lomographic Oktomat, atau Lomographic Pop 9 yaitu dapat menghasilkan banyak gambar dalam 1 jepretan, dengan rincian:

-Kamera Lomographic ActionSampler dapat menghasilkan foto yang terbagi menjadi 4 bagian.

-Lomographic Oktomat bisa menghasilkan 8 foto kecil dalam 1 gambar.

-Lomographic Pop 9  bisa menghasilkan 9 foto kecil dalam 1 gambar.

9. Kelebihan kamera Lomographic Holga serta Lomographic Horizon yaitu dapat menghasilkan efek vignette, blur, light leaks serta efek lainnya.

Kamera Lomographic Horizon dapat menghasilkan tampilan foto yang panoramik sebab memakai lensa swing.

No comments:

Post a Comment