Sunday 14 October 2012

Daerah Wisata Ke Kota Medan , Sumatera Utara, Indonesia Seperti Istana Maimun , Masjid Raya Al-Mashun, Balai kota Medan , Wihara Gunung Timur




Lokasi wisata apa saja yang layak anda kunjungi saat anda berada di kota Medan, Sumatera Utara, selain Danau Toba, Air Terjun Sipiso-piso dan Dataran Tinggi Berastagi?

1. Kunjungi Balai kota Medan yang dibangun pada tahun 1908. Balai Kota Medan ini merupakan pusat dari kota Medan. Di depan Balai Kota Medan terdapat jam besar yang disumbangkan oleh seorang pengusaha keturunan Tionghua yang kaya bernama Tjong A Fie pada tahun 1913.


2. Kunjungi Jalan A Yani, dimana pada jalan tersebut berdiri sebuah bangunan besar serta khas yang mempunyai perpaduan budaya Eropa, Cina serta Melayu. Bangunan tersebut merupakan rumah pengusaha Tjong A Fie tadi.


3. Di Jalan A Yani, anda dapat menemukan sebuah restoran yang masih terasa nuansa tempo dulu yang bernama Tip Top Restaurant. 
Menu andalan restoran Tip Top restaurant adalah: Nasi goreng, gado-gado, steak, sup dan es krim. Restoran ini memiliki ciri khas dengan kanopi merah di sisi  depannya. Kaum muda banyak yang datang bersantap di restoran ini. 

Tak sedikit pula kaum orang tua yang datang sekadar bernostalgia  mengenang zaman dahulu sambil menyeruput secangkir kopi yang hangat disertai dengan makan kue sus serta makanan lezat lainnya.


4. Kunjungi pula Istana Maimun yang merupakan bangunan heritage di pusat kota Medan.
 Istana Maimun merupakan istana peninggalan Sultan Deli dengan memiliki perpaduan unsur budaya Timur Tengah, Eropa , India serta Melayu sehingga menghasilkan suatu hasuk kreasi seni yang menakjubkan.

Istana Maimun ini ditopang dengan tiang batu serta tiang kayu dengan lengkungan lunas perahu terbalik (banyak dipakai di Turki, India serta Eropa), serta dibawahnya memiliki bentuk ladam kuda.

Di atap kubah Istana Maimun, ada ornamen bulan sabit yang melambangkan ciri khas kesenian Timur Tengah dan India lainnya.

Pada lantai atas Istana Maimun, ada sebuah singgasana yang memiliki bentuk segi empat   dengan kubah sebagai atapnya.Singgasana yang penuh warna ini dilengkapi dengan lampu kristal khas Eropa.

Goresan seni dengan motif di bidang-bidang segi empat dan segi delapan bisa anda lihat di bagian atas ruangan tersebut.


5. Masjid Raya Al-Mashun

Masjid Raya Al-Mashun merupakan sebuah mesjid megah yang dibuat pada tahun 1906 dan selesai pembangunannya pada tahun 1909. Masjid Raya Al-Mashun merupakan mesjid kesultanan yang didesain oleh seseorang berkebangsaan Belanda .

Masjid Raya Al-Mashun mempunyai model arsitektur unik, memiliki pengaruh dari Eropa, Moghul India serta Arab.


6. Wihara Gunung Timur

Wihara Gunung Timur merupakan sebuah kelenteng Tionghua penganut Taoisme yang didirikan pada tahun 1930-an, yang berlokasi di jalan Hang Tuah , di sisi sungai Babura.


7. Kuil Shri Mariamman

Kuil Shri Mariamman merupakan kuil Hindu paling tua di kota Medan yang didirikan pada tahun 1884, didirikan di kampung Madras atau lebih dikenal dengan nama Kampung Keling.





No comments:

Post a Comment