Tuesday 2 October 2012

Tips Untuk Mencegah Penyakit Diabetes Melitus atau Penyakit Kencing Manis atau Penyakit Gula




Berikut ini beberapa tips untuk mencegah penyakit Diabetes Melitus atau penyakit kencing manis atau penyakit gula, yaitu:

1. Awasi lemak di perut sebab lemak di bagian perut dapat mengganggu kerja pankreas dalam menghasilkan hormon insulin. 
Lingkar pinggang yang normal tidak melebihi dari 4 jengkal tangan anda. Maka, bila anda merasakan celana yang anda pakai mulai agak sempit, maka anda patut curiga, mungkin telah terjadi peningkatan tumpukan lemak di perut.

2. Berolahraga 20 menit tiga kali seminggu

Berolahraga cukup 3 kali seminggu dengan waktu 20 menit tiap kali berolahraga. Anda tidak perlu melakukan olahraga yang berat, namun cukup dengan berjalan kaki atau naik turun tangga.Atau misalnya anda dapat berjalan kaki di halaman kantor selama 20 menit.

3.Pilihlah makanan yang kaya serat
Makanan yang kaya serat lazimnya memiliki angka indeks glikemik yang rendah (low GI).
 Semakin rendah angka GI suatu makanan , maka setelah mengkonsumsi makanan tersebut, gula darah tidak akan naik tinggi.

Bila anda memilih makanan yang mengandung GI tinggi, maka setelah dikonsumsi, makanan tersebut akan menaikkan gula darah anda cukup tinggi.

Contoh makanan yang berserat tinggi , misalnya sayur, buah-buahan, gandum, sereal, umbi-umbian, dan lain-lain.

4. Lengkapi menu harian anda dengan kacang-kacangan

Mengkonsumsi makanan kacang-kacangan ( dan selai kacang ), tampaknya menunjukkan beberapa efek perlindungan terhadap pengembangan diabetes. 

Wanita yang mengkonsumsi lebih dari 5 porsi satu ons kacang per minggu menurunkan risiko terkena Diabetes Melitus, jika dibandingkan dengan wanita yang tidak mengkonsumsi kacang sama sekali.


5. Ganti gula pasir dengan pemanis rendah kalori

Gantilah konsumsi gula pasir dengan menggunakan gula rendah kalori. Tahukah anda bahwa 2 sendok teh gula pasir mengandung 32 kalori? Angka ini termasuk tinggi jika dibandingkan dengan pemanis rendah kalori

No comments:

Post a Comment