Saturday 20 October 2012

Gua Maria Sendangsono : Tempat Ziarah Katolik di Yogyakarta



Berikut ini hal-hal yang perlu anda ketahui mengenai tempat ziarah umat Katolik di Yogyakarta yaitu Gua Maria Sendangsono, yaitu:


1. Sendangsono memiliki arti:

- Sumber Air ( Sendang)

- Di bawah pohon Angsana ( Sono )



2. Gua Maria Sendangsono berada di Dusun Semagung, Kelurahan Banjaroya, Yogyakarta.

3. Sebuah patung Bunda Maria terletak di dalam rerimbunan pohon Sono, dimana Patung Bunda Maria ini dibuat dari gerabah dengan berat kira-kira 300 kg, serta diimpor langsung dari negara Swiss di tahun 1929.

4. Di dekat patung Bunda Maria, terdapat sebuah benda yang memiliki nilai sejarah religius dengan bentuk berupa batu keras yang dipercaya sebagai lokasi Bunda Maria menginjakkan kakinya saat Ia menampakkan dirinya pada Santo Bernadette Soubirous.

5. Untuk sampai ke Gua Maria Sendangsono, anda dapat memilih 1 diantara 2 lajur yang ada yaitu jalur Bendo dan jalur Slanden.

6. Saat anda memasuki area Gua Maria Sendangsono, terdapat 2 ornamen berbeda yang perlu anda perhatikan, yaitu:

-Ornamen polos berarti daerah pelataran.
-Ornamen merah berarti daerah sakral. 



7. Di kompleks Gua Maria Sendangsono, terdapat Gereja Promasan, dimana anda bisa beristirahat sejenak dengan duduk di sebuah rumah singgah yang memiliki bentuk sebagai rumah panggung, yang memang dibuat untuk para peziarah yang datang berkunjung.

8. Anda bisa melakukan ritual doa jalan salib sepanjang 1 kilometer melewati perkampungan penduduk di Gua Maria Sendangsono.


9. Dulunya, Gua Maria Sendangsono itu berupa tanah pereng yang lalu diubah dan dikembangkan oleh  Romo Mangun menjadi sebuah daerah yang rindang.

10. Konon, di pohon Sono tersebut berdiam Dewi Lantam Sari dan anaknya, Den Baguse Samijo, dimana penduduk sekitar mempercayai kalau mereka itu menguasai daerah setempat.


11. Terdapat 3 buah kapel di Gua Maria Sendangsono jika anda ingin merayakan Ekaristi, yaitu:

-Kapel Tritunggal ( berlokasi di samping gua )

-Kapel Maria ( berlokasi di atas gua, letaknya dekat dengan kompleks makam )

-Kapel Dua Belas Rasul.


12. Terdapat warung makan yang menawarkan makan cara kampung serta warung yang menjual berbagai souvenir di sekitar kompleks Gua Maria Sendangsono. 

No comments:

Post a Comment