Sunday 14 October 2012

Tips Membuat Curriculum Vitae ( CV) Lamaran Pekerjaan Supaya Tampak Rapi dan Menarik



Berikut ini merupakan beberapa tips dalam membuat Curriculum Vitae ( CV) yang baik, rapi dan menarik dalam rangka melamar pekerjaan, yaitu:

1.  Rapi.

Faktor kerapian mutlak diperlukan dalam menyusun Curriculum Vitae ( CV). Apabila rapi, maka orang yang membacanya akan terlihat nyaman dan enak dibaca, daripada Curriculum Vitae ( CV) yang dibuat berantakan. 

Kesan positif akan muncul dari orang yang membaca Curriculum Vitae ( CV) yang anda buat, bahwa anda orang yang rapi dalam mengerjakan sesuatu, tidak asal jadi.


2. Cantumkan informasi yang lengkap
Sangat penting mencantumkan informasi yang lengkap di Curriculum Vitae ( CV) yang anda buat, meliputi:

-Nama lengkap

-Jenis Kelamin

-Tempat dan tanggal lahir

-Agama

-Alamat lengkap

-Alamat email

-Informasi pendidikan formal yang telah anda ikuti

-Kursus yang pernah anda ikuti

-Institusi pendidikan, tahun masuk dan tahun kelulusannya


Namun diantara semua yang disebutkan, hal yang paling penting yang perlu anda tulis dan sangat fatal bila tidak anda cantumkan adalah NOMOR TELEPON/HANDPHONE anda.

Pernah suatu kali saya tertarik setelah membaca Curriculum Vitae ( CV) sebuag surat lamaran seseorang yang dikirimkan orang tersebut melalui pos, namun ketika saya hendak memanggil orang tersebut untuk melakukan test wawancara untuk mengetahui pengalaman kerjanya lebih lanjut, baru saya sadari hal yang fatal yang ia lakukan adalah ia tidak mencantumkan nomor telepon di Curriculum Vitae ( CV) atau di surat lamarannya atau dimanapun.

Percuma ia mencantumkan alamat rumahnya karena kesibukan kerja saya tentu tidak memungkinkan saya mendatangi rumahnya hanya untuk memberitahukan bahwa ia mendapatkan kesempatan wawancara kerja.
Akhirnya saya dengan menyesal tidak memanggilnya untuk test dan memberikan kesempatan itu pada orang lain.

3. Ringkas namun Padat

Informasi yang anda tuliskan haruslah lengkap namun jangan bertele-tele, cukup cantumkan hal-hal yang penting yang anda rasa si pembaca Curriculum Vitae ( CV) anda akan tertarik untuk memanggil anda.
Idealnya, Curriculum Vitae ( CV) memiliki panjang sebanyak 3 halaman.


4. Cantumkan pencapaian prestasi
Tulislah pencapaian prestasi apa saja yang pernah anda capai di posisi ataupun jabatan pekerjaan anda sebelumnya, hal ini penting untuk menunjukkan kemampuan anda sesungguhnya sehingga si pembaca Curriculum Vitae ( CV) akan merasa tertarik untuk memanggil anda. 

Cantumkan secara ringkas dan padat prestasi anda, misal anda pernah mencapai pertumbuhan sales nomor 1 di antara semua kantor cabang di perusahaan anda terdahulu, dan lain-lain.


5. Tidak dibuat-buat

Tulislah Curriculum Vitae ( CV) dengan memaparkan kondisi anda yang sebenar-benarnya, jangan menambahkan ataupun mengurangi informasi yang ada di dalam Curriculum Vitae ( CV)
 Kecurangan yang anda buat , cepat atau lambat akan ketahuan pada test wawancara ataupun psikotest nantinya.
 Ingat, seperti kata pepatah bapak Andrie Wongso mengatakan bahwa ,"Kejujuran itu ibarat mata uang Dollar yang berharga yang berlaku di negara manapun juga".

No comments:

Post a Comment